Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah mengupayakan sistem penjualan produk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui "e-Commerce" atau transaksi melalui media elektronik (internet).

Hermasnyah pun mendorong pelaku UMKM lokal mengikuti platform e-commerce serta memperkuat "branding" untuk meningkatkan penjualan produk.

"Kita berkomitmen terus mendukung dan memperkuat sektor UMKM di Bumi Rakat Mufakat, kita percaya bahwa dengan adanya dukungan dan bimbingan yang tepat, UMKM lokal memiliki potensi besar untuk berkembang dan berkontribusi lebih besar dalam perekonomian daerah," kata Hermasnyah di Kandangan, Senin.

Baca juga: 100 pelaku UMKM HSS ikuti pelatihan manajemen ritel

Hermansyah mengatakan pelatihan ini fokus untuk membangun citra yang kuat bagi produk UMKM agar dapat bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Ditambahkan dia, langkah ini tidak hanya menjadi dorongan bagi para pelaku UMKM, tetapi juga menunjukkan kesungguhan Pemkab HSS memperjuangkan kesejahteraan masyarakat lokal melalui pengembangan ekonomi yang berkelanjutan.

Kepala Dinas Perdagangan HSS Sudiono menyebutkan pelatihan ini bertujuan meningkatkan manfaat sarana internet untuk perdagangan, sehingga pemasaran produk UMKM dapat melonjak.

Baca juga: Raperda soal ekraf dorong pertumbuhan UMKM dan pariwisata di HSS

"Juga agar para pelaku UMKM kita tahu pentingnya branding produk dalam menciptakan citra yang kuat, sehingga produk UMKM dapat dikenal konsumen," ujarnya.

Dijelaskan dia, pelatihan implementasi e-commerce ini merupakan langkah konkret untuk membantu UMKM beradaptasi dengan tren bisnis modern.

Melalui pelatihan ini, Sudiono mengharapkan para pelaku UMKM dapat lebih mudah menjangkau pasar yang lebih luas melalui platform online di tingkat lokal maupun nasional bahkan internasional.

Baca juga: Pelaku UMKM HSS dilatih pengelolaan bisnis dan manajemen usaha

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024