Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu mensosialisasikan paspor elektronik, layanan ekspres paspor dan mengenalkan Politeknik Keimigrasian pada beberapa desa di Kecamatan Pulau Laut Sigam Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari 27-28 Juni 2024," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin Ferizal di Kotabaru, Jumat.

Baca juga: Tidak dapat tunjukkan paspor, satu WNA asal Tiongkok dideportasi

Ferizal mengharapkan masyarakat pada beberapa desa yang berlokasi jauh dari Kantor Imigrasi Batulicin dapat memahami layanan keimigrasian, paspor elektronik dan manfaat layanan ekspres paspor melalui kegiatan sosialisasi tersebut.

Selain itu, Ferizal menyebutkan imigrasi ingin memberikan informasi mengenai kesempatan untuk mengembangkan karir di bidang keimigrasian melalui Politeknik Imigrasi yang dimiliki Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

"Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat mengetahui tentang layanan paspor yang ada di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin serta kesempatan untuk meningkatkan kualifikasi melalui pendidikan di Politeknik Imigrasi," ujar Ferizal.

Ia menambahkan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin berkomitmen mendekatkan layanan keimigrasian kepada seluruh lapisan masyarakat guna membuat layanan keimigrasian terutama kepastian persyaratan, waktu, dan biaya.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (TIKIM) Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin Muhamad Maryadi menyebutkan sosialisasi ini bagian dari upaya kantor imigrasi mendekatkan layanan keimigrasian kepada masyarakat pedesaan dengan meningkatkan pemahaman yang lebih baik mengenai proses penerbitan dan manfaat dari paspor elektronik (e-pasport) dan Layanan "Express Passport".

Baca juga: Imigrasi Batulicin luncurkan delapan program inovasi

Maryadi mengungkapkan paspor elektronik dilengkapi teknologi keamanan tinggi dan dirancang untuk mempermudah perjalanan lintas negara serta meningkatkan keamanan identitas pemilik.

Selain itu, Layanan Express Paspor memberikan fasilitas pengurusan paspor secara singkat untuk keperluan tertentu.

"Kami hari ini mendatangi beberapa kantor desa dan kelurahan di Kecamatan Pulau Laut Sigam, diantaranya Kantor Desa Sarang Tiung, Kantor Desa Gedambaan, dan Kantor Kelurahan Kotabaru Tengah," ungkap Maryadi.

Maryadi mengemukakan Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin juga mengenalkan para taruna dan taruni Politeknik Imigrasi kepada masyarakat pedesaan terkait sebuah lembaga pendidikan yang menawarkan program pendidikan dan pelatihan pada bidang keimigrasian.

Politeknik Imigrasi untuk menghasilkan petugas keimigrasian berkualitas yang mendukung pelayanan keimigrasian secara efektif dan efisien.

Baca juga: Imigrasi Batulicin bentuk desa binaan di Kecamatan Sungai Durian

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024