Imigrasi kelas II TPI Batulicin mensosialisasikan sekaligus membentuk desa binaan Imigrasi tahun 2024 di Desa Gendang Timburu Kecamatan Sungai Durian Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

"Kami memberikan penyuluhan sekaligus pembentukan desa dengan harapan memahami tentang keimigrasian," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin I Gusti Bagus M Ibrahiem di Batulicin, Jumat.

Baca juga: Imigrasi Batulicin awasi 40 WNA asal Filipina dan China

Bagus menyampaikan, peresmian dan sosialisasi dilakukan sebagai upaya memberikan pemahaman terhadap masyarakat khususnya desa binaan agar memahami tentang alur dan tatanan keimigrasian serta memberikan informasi mengenai keimigrasian kepada masyarakat setempat.

Sosialisasi di sampaikan agar masyarakat memahami pengawasan keimigrasian dalam meningkatkan kesadaran hukum dan partisipasi masyarakat sebagai agen Intelijen untuk memberikan informasi mengenai keberadaan dan kegiatan orang asing pada lingkungan setempat.

Ia menambahkan, sesi sosialisasi disampaikan oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan, Junita Sitorus.

Camat Sungai Durian R. Rahmad Mada Tri Wirakesuma mengatakan, kemitraan salah satu desa sebagai mintra imigrasi adalah langkah upaya positif yang di lakukan oleh imigrasi karena akan berdampak pada pengawasan orang asing di lingkungan mereka,

"Ini selaras dengan tugas dan kerjasama kami dengan Disnakertrans  dalam hal pengawasa orang asin," kata R. Rahmad Mada Tri Wirakesuma

Ia menyambut baik dengan adanya sosialisasi dan penetapan salah satu desa Gendang Timburu sebagai mitra Imigrasi.

Baca juga: Imigrasi Batulicin buka layanan eazy paspor bagi warga Kotabaru

Rahmad berharap, dengan adanya penetapan desa mitra menjadikan ujung tombak di darahanya dalam hal pengawasan terhadap orang asing di wilayahnya karena si tempat tersebut terdapat perusahaan dari luar negeri.

Dalam kegiatan tersebut peresmian desa binaan imigrasi ditandai dengan penyematan Rompi Petugas Imigrasi Pembina Desa (PIMPASA) secara simbolis dan pemberian plakat serta piagam desa binaan oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan, Junita Sitorus kepala Sekretaris Desa Gendang Timburu.


 

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024