Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Noor menyampaikan keberadaan Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) berperan penting mengawasi pemerintahan desa.

Hal ini disampaikan saat menghadiri pelantikan kepengurusan PABPDSI Kabupaten HSS untuk masa bakti 2024-2029, bertempat di pendopo kabupaten setempat.

"Sebagai badan yang mewakili suara masyarakat desa, BPD memiliki tugas yang krusial," kata Sekda HSS melalui keterangan tertulis di Kandangan, Kamis.

Dijelaskan dia, tugas tersebut tidak hanya sebagai mitra pemerintah desa, tetapi juga sebagai penyalur aspirasi masyarakat serta pengawas jalannya pemerintahan desa.

Oleh karena itu, dirinya berharap dengan pelantikan pengurus baru ini, BPD HSS dapat terus menjalankan dan meningkatkan tugas dan fungsi serta kualitas kerja.

"Selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah, dan terus memperjuangkan kepentingan masyarakat desa kita, serta bekerja dengan penuh integritas serta tanggung jawab," terangnya.

Selain itu, dirinya mengajak agar bersama-sama terus berkomitmen dan bersinergi memperkuat partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Juga, menciptakan desa yang mandiri dan sejahtera, serta tentunya menjadikan desa-desa di Kabupaten HSS menjadi lebih maju dan berkembang,

Pengurus PABPDSI masa bakti 2024-2029 dilantik Ketua PABPDSI Provinsi Kalsel Yahbuddinnor, dan turut dihadiri Forkopimda HSS, Pengurus PABPDSI provinsi dan kabupaten atau kota di Kalsel.

Kemudian, Kepala Dinas PMD HSS, camat, Ketua APDESI, anggota PABPDSI, serta perwakilan dari berbagai desa di Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024