Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan membagikan ratusan kantong daging dari enam ekor sapi sumbangan bupati, pegawai dan perusahaan daerah pada Idul Adha 1445 Hijriah.

Bupati Banjar Saidi Mansyur, Ketua TP PKK Nurgita Tiyas bersama Wakil Bupati Said Idrus Al Habsyi menyaksikan penyembelihan sapi di halaman belakang Kantor Bupati, Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu.

Baca juga: Bupati Banjar hadiri pengukuhan 123 murid SDIT Robbani

"Penyembelihan hewan kurban ini sudah menjadi rutinitas setiap Hari Raya Idul Adha di lingkup Pemkab Banjar sebagai bagian dari ibadah dan berbagi kepada sesama," ujar Saidi.

Saidi yang menyumbangkan dua ekor sapi pada penyembelihan itu, mengatakan Idul Adha yang dikenal sebagai hari raya kurban bukan sekedar memotong hewan dan membagikan daging kepada masyarakat.

Namun, Saidi menekankan penyembelihan hewan kurban harus dimaknai sebagai sebuah pengorbanan yang diiringi semangat kebersamaan dan gotong royong menyiapkan hewan kurban bagi masyarakat.

"Penyembelihan hewan kurban merupakan ibadah yang dimaknai pengorbanan dan saling berbagi sehingga semua dapat menikmati daging yang boleh dikatakan jarang dirasakan masyarakat," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Banjar kompetisikan "Intan Banjar" pacu ASN ciptakan terobosan

Dikatakan Saidi, niat saling berbagi juga dapat dimaknai sebagai sikap melayani masyarakat melalui rasa kebersamaan yang kuat sehingga diharapkan bisa bersama-sama mewujudkan pembangunan.

Diketahui, Bupati Banjar dan keluarga menyumbangkan dua ekor sapi, tiga sapi dari aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Banjar, dan satu sapi dari PTAM Intan Banjar.
 
Setelah penyembelihan enam sapi kurban yang dilakukan Guru Abdul Hadi dari Desa Pekauman Dalam Kecamatan Martapura Timur, daging sapinya dibagikan kepada pegawai Pemkab maupun warga sekitar.
 
Baca juga: Pemkab Banjar tingkatkan kapasitas aparatur desa

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024