Warga Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan cukup ramai melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada hari pertama Idul Adha 1445 Hijriah di lingkungan rumah ibadah dan perkantoran.
 
Pantauan Antara di Banjarbaru, Senin di sejumlah tempat, warga secara bergotong-royong terlibat dalam prosesi penyembelihan dan pemotongan hingga pembagian hewan kurban.

Baca juga: Wali Kota Aditya ajak pererat ukhuwah Islamiah dan terus berbuat baik
 
Salah satunya dilakukan pengurus Masjid Shirothol Mustaqiim di Jalan Kresna Pondok Empat Kelurahan Loktabat Utara Banjarbaru dengan jumlah hewan kurban disembelih sebanyak 21 ekor sapi.
 
"Alhamdulillah, kami bersama warga dan pengurus masjid melaksanakan penyembelihan sapi kurban yang jumlahnya 21 ekor sapi," ujar satu pengurus Herman Husin dan Dariyanta disela kegiatan.
 
Menurut Herman, daging kurban yang jumlahnya mencapai ratusan bungkus dibagikan kepada jamaah, masyarakat sekitar masjid maupun diserahkan kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya.

Baca juga: Fraksi Golkar DPRD Banjarbaru minta RPJPD mengacu isu strategis lokal
 
Sejumlah personel Kepolisian Resor Kota Banjarbaru tengah memotong daging sapi yang telah di sembelih dan dagingnya dibagikan kepada anggota Polri maupun masyarakat di Banjarbaru, Senin. (ANTARA/Yose Rizal)

Diharapkan melalui pembagian daging kurban itu, masyarakat bisa ikut menikmati daging terutama di hari raya Idul Adha sehingga mereka merasakan lauk yang cukup jarang dirasakan di hari biasa.
 
"Sesuai makna Idul Adha yang dikenal dengan hari raya kurban sehingga kami berharap daging yang dibagikan kepada jamaah maupun masyarakat bisa dinikmati terutama di hari raya ini," ucap Herman.
 
Penyembelihan hewan kurban juga dilakukan di lingkungan Polres Kota Banjarbaru dengan jumlah hewan kurban sebanyak 8 ekor sapi dan satu ekor kambing serta dua ekor lainnya disembelih polsek.

Baca juga: Bupati Banjar hadiri pengukuhan 123 murid SDIT Robbani
 
"Alhamdulillah, tahun ini jumlah sapi yang disembelih dan dagingnya dibagikan kepada personel Polres maupun warga sekitar sebanyak 10 8 ekor ditambah satu kambing," ujar Kabag SDM Polres Kompol Tukiman.
 
Sementara itu, penyembelihan sapi maupun kambing dilaksanakan berbagai pihak baik masyarakat di lingkungan perumahan maupun di lingkungan tempat ibadah dengan melibatkan warga sekitarnya.
 
Selain penyembelihan hewan kurban, masyarakat Banjarbaru mengikuti shalat Ied baik di lapangan seperti Lapangan Dr Murdjani dan masjid yang diikuti ratusan jamaah dari berbagai kawasan.
 
Baca juga: Wali Kota Aditya serahkan bonus pribadi kepada atlet Popda

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024