Warga Desa Mangkusip Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mendapatkan pembekalan keterampilan membatik dan menjahit untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas masyarakat di pedesaan.

Kepala Desa Mangkusip M Syahrialuddin mengatakan pelatihan ini menggunakan dana desa dengan menggandeng lembaga pelatihan dan kursus Aflah untuk memberikan pelatihan menjahit, serta membatik.

Baca juga: Disnaker Tabalong ajak pelaku usaha cetak SDM siap pakaI

"Pelatihan menjahit dan membatik selama lima hari yang diikuti 20 warga Desa Mangkusip," kata Syahrialuddin di Tabalong, Rabu.

Syahrialuddin menyebutkan warga diarahkan mengikuti pelatihan tersebut untuk menciptakan sumber penghasilan bagi masyarakat terutama kalangan perempuan atau ibu rumah tangga.

Selain itu, Syahrialuddin menuturkan peningkatan kemampuan tersebut dapat memberikan dampak besar bagi kemajuan di Desa Mangkusip. 

"Kegiatan ini  bagian dari program pemerintah desa untuk meningkatkan SDM di Desa Mangkusip melalui dana desa," tutur Syahrialuddin.

Baca juga: Pemkab Tabalong - UIN Antasari Banjarmasin kerjasama pengembangan SDM

Syahrialuddin berharap masyarakat desa bisa mempunyai kemampuan membuka usaha.

Salah satu tenaga pelatih dari Lembaga Aflah Arul menjelaskan kegiatan yang dilakukan mencakup cara pembuatan pola, pengukuran pakaian dan proses menjahit yang benar. 

“Sebagian besar peserta pelatihan sudah bisa membuat pola, mengukur serta mampu dan lancar dalam mengoperasikan mesin jahit," ucap Arul.

Selain itu, Arul mengemukakan cara menggunakan mesin, memberikan cara membuat pola dan trik memotong bahan pakaian jadi.

Baca juga: Bina Cikal Bangsa, komitmen PT SIS peningkatan SDM Tabalong

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024