Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menggandeng pelaku dunia usaha atau perusahaan untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan siap pakai.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong Herwandi menyebutkan pihaknya menjalankan program tersebut melalui forum ketenagakerjaan bersama sejumlah perusahaan  dengan menindaklanjuti kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya.

Baca juga: Dinas Tenaga Kerja Tabalong siapkan talenta digital

"Perusahaan akan mendukung pengembangan balai latihan kerja termasuk mencetak tenaga operator dan mekanik sesuai kebutuhan mereka," kata Herwandi di Tabalong, Selasa.

Herwandi menuturkan kesepakatan tersebut termasuk mengoptimalkan program pemagangan bagi peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Tabalong agar punya keterampilan dan pengalaman kerja pada sejumlah perusahaan yang beroperasi di Tabalong.

"Di APBD Perubahan 2023 kita akan kirim 10 calon tenaga operator ke Balai Vokasi dan Produktivitas Samarinda," ucap Herwandi.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengajak pihak perusahaan untuk membangun sinergitas dan saling berkolaborasi untuk menekan angka pengangguran di kota berjuluk “Bumi Saraba Kawa” tersebut.

"Perlu kolaborasi dan sinergitas bersama untuk mengurangi tingkat pengangguran terbuka yang kini capai 4,46 persen," tutur Anang.

Baca juga: Disnaker Tabalong studi tiru ke BPVP Sidoarjo

Sebelumnya, tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Tabalong  mencapai 3,07 persen pada 2020, kemudian naik menjadi  3,43 persen (2021) dan 4,46 persen (2022).

Pada kesempatan yang sama, Bupati Tabalong bersama Dandim 1008/Tabalong Letkol Czi Catur Witanto, perwakilan PT Conch South Kalimantan, PT Adaro Indonesia dan Kadisnaker setempat meluncurkan inovasi “Bengkel Sahabat”.

Inovasi ini satu upaya mendorong perluasan kesempatan kerja, meningkatkan partisipasi angkatan kerja dalam rangka mengurangi pengangguran dan jumlah penduduk miskin serta peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Tercatat sebanyak 21.816 wirausaha baru yang telah terbentuk dari target 10 ribu wirausaha baru yang  menjadi program prioritas Bupati Anang Syakhfiani dan Wakil Bupati Tabalong Mawardi.

Baca juga: Disnaker Tabalong: Gunakan Aplikasi KarirHub untuk bekerja di LN

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023