Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pelaihari, Tanah Laut, Kalimantan Selatan Muhammad Falih Ariyanto mengatakan, salah satu upaya pihaknya menjelaskan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ke generasi muda melalui pemberian materi kuliah umum kepada mahasiswa Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala).

"Materi kita berikan kepada mahasiswa terkait postur APBN Tahun 2024 dan kebijakan fiskal diambil pemerintah dalam menghadapi tantangan ekonomi dunia," ujar Muhammad Falih Ariyanto, di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Selasa.

Baca juga: Disnakeswan Tanah Laut dukung peningkatan ternak sapi

Menurut dia, APBN mempunyai fungsi distribusi, stabilisasi, alokasi dan menjadi shock absorber apabila perekonomian dan negara sedang menghadapi tantangan mengancam stabilitas APBN.

"Ekonomi Indonesia sangat rentan terhadap goncangan perekonomian disebabkan ketidakpastian global," terangnya. 

Goncangan tersebut tidak semuanya langsung diteruskan kepada masyarakat, ucapnya, namun sebagian guncangan ditampung oleh APBN melalui berbagai intervensi instrument kebijakan fiskal, seperti pemberian subsidi, penyaluran bantuan langsung tunai dan insentif perpajakan bagi pelaku usaha terdampak.

Selain mengedukasi terkait APBN, terang dia, mahasiswa juga diajak untuk mengenal KPPN sebagai perpanjangan tangan dari Kementerian Keuangan di daerah yang memiliki berbagai layanan berbasis teknologi dalam rangka percepatan penyaluran dana APBN kepada masyarakat.

Baca juga: Pj Bupati Tanah Laut akan bentuk tim khusus mengawal dana desa

Selain itu, tambah dia, disampaikan pula terkait penerapan budaya antikorupsi di lingkungan Kementerian Keuangan.

"Antusiasme para mahasiswa terlihat dari tanya jawab berlangsung seru dan kian meriah dengan sisipan permainan dan kuis pada tiap sesi," tandasnya. 

Dia berharap, Treasury Goes to Campus dapat menambah wawasan peserta khususnya para mahasiswa menjadi generasi penerus bangsa.

Lebih lanjut dia mengemukakan, kolaborasi KPPN Pelaihari dengan Politala menyelenggarakan Treasury Goes to Campus Tahun 2024 tersebut, mengusung tema Peduli APBN Kita (Pelita).

"Acara  digelar di Gedung Kuliah Terpadu Politala, dihadiri mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Akuntansi Perpajakan serta tenaga pendidik di lingkungan kampus setempat," tutupnya.

Baca juga: KPPN Pelaihari apresiasi mitra kerja kawal pelaksanaan APBN

 

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024