Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) Roy Rizali Anwar mengutarakan rasa syukur dan berbangga, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi salah satu daerah di Provinsi Kalsel dengan indeks Survei Penilaian Integritas (SPI) tertinggi dengan nilai 81,4.

"Saya berharap hal ini bisa menjadi contoh dan memicu semangat kota atau kabupaten lainnya di Kalsel, dapat meningkatkan jumlah responden dan meningkatkan indeks SPI di daerah masing-masing," katanya saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) optimalisasi nilai SPI dan Indeks Perilaku Antikorupsi (IPAK) Provinsi Kalsel, mengutip pers release Diskominfo HSS, di Banjarbaru, Ahad.

Dijelaskan dia, koordinasi antar lembaga adalah kunci sukses dalam meningkatkan nilai SPI dan IPAK, kolaborasi yang erat antara pemerintah daerah dan KPK sangat penting.

Hal ini untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan transparan, dan nilai yang baik pada SPI dan IPAK akan mencerminkan komitmen tersebut terhadap integritas dan antikorupsi.

Baca juga: Pj bupati : ASN Pemkab HSS masuk kerja dihari pertama rata-rata 100 persen

Adapun rakor bertujuan meningkatkan efektivitas dalam upaya pemberantasan korupsi dan penguatan integritas di seluruh lingkungan pemerintahan Provinsi Kalsel.

SPI dan IPAK merupakan alat penting yang digunakan untuk mengukur tingkat integritas, dan perilaku antikorupsi di instansi pemerintahan.

Pembahasan dalam rakor mencakup berbagai strategi dan inisiatif untuk meningkatkan nilai SPI dan IPAK, seperti penguatan sistem pengawasan internal, edukasi dan pelatihan antikorupsi.

Serta, peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan publik. Dengan adanya koordinasi ini, diharapkan seluruh instansi di Kalsel dapat lebih efektif dalam upaya pemberantasan korupsi.

Inspektorat HSS Kiki Rachmawati, berharap agar capaian Kabupaten HSS untuk indeks SPI tertinggi se-Kalsel ini dapat terus dipertahankan.

Baca juga: Pemkab HSS ingatkan perubahan penilaian KPK untuk MCP 2024

"Harapannya untuk SPI 2024 ini nanti kita akan kembali mendapatkan peringkat pertama di Kalsel, dan juga untuk peringkat nasionalnya kita bisa lebih baik. Kami mohon dukungan dari semua pihak, baik itu eksternal maupun internal dalam mendukung Kabupaten HSS menjadi yang terbaik," ujarnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan KPK RI untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, dan berintegritas di seluruh Indonesia.

Dengan dukungan dari semua pihak, ditujukan agar integritas dan perilaku antikorupsi di Kalsel dapat terus meningkat, sehingga memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat.

Rapat tersebut dihadiri Sekretaris Daerah HSS Muhammad Noor, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat sekaligus Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Zulkifli, serta pejabat terkait lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024