Inspektur Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan Kiky Rachmawati mengingatkan perubahan penilaian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap indikator pencegahan korupsi atau "Monitoring Center for Prevention" (MCP) pada 2024.

Kiky di Kandangan, Kabupaten HSS, Rabu, mengatakan terdapat beberapa area, indikator, dan sub indikator yang dijadikan sebagai objek penilaian KPK menentukan nilai pada 2024 dan pencapaian selama 2023.

Kiky mengungkapkan itu saat Rapat Koordinasi (Rakor) pencegahan korupsi daerah melalui Monitoring Center for Prevention (MCP) 2024.

"Posisi HSS selama 2023 ada di peringkat keempat se-Kalsel, dan yang perlu diperhatikan ada beberapa perubahan yang terjadi pada penilaian MCP 2024 dibanding tahun sebelumnya," ujar Kiky.

Baca juga: Sekda HSS hadiri pendampingan pembangunan zona integritas

Untuk itu, Kiky menyatakan terdapat beberapa hal yang perlu menjadi fokus perhatian bersama agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa bersinergi termasuk berkonsultasi dengan Inspektorat Daerah Kabupaten HSS.

Penjabat Bupati HSS Hermansyah mengharapkan seluruh OPD bergerak memenuhi indikator yang diperlukan untuk menindaklanjuti hal yang disampaikan inspektorat daerah.

"Kami inginkan setiap OPD ada laporan berupa tabel matriks, sehingga kami bisa ikut memonitor progres," tutur Hermansyah.

Baca juga: Pj Bupati HSS berharap UP3 tingkatkan kualitas pelayanan publik

Diketahui, MCP merupakan aplikasi sistem yang dikembangkan KPK untuk memantau terhadap lembaga pemerintah daerah terkait pengawasan dan pencegahan korupsi.

Pemerintah yang dinilai baik, seperti bisa memenuhi beberapa nilai pencapaian melalui beberapa area dan indikator yang telah ditetapkan.

Pada 2023, Pemerintah Kabupaten HSS berada pada peringkat keempat se-Kalimantan Selatan dengan pemenuhan total indikator sebesar 90,15.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024