Sebanyak lima organisasi kepemudaan dan keolahragaan menerima kucuran dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) .

Bantuan dana hibah ini tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) ditandatangani bersama Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Pariwisata HSS Heri Utomo, dengan masing-masing ketua organisasi penerima.

Penyerahan dana hibah langsung secara simbolis Penjabat (Pj) Bupati HSS, Hermansyah, di Aula Rakat Mufakat (Ramu) Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab HSS.

"Pemberian dana hibah ini bertujuan meningkatkan peranan dan prestasi organisasi, serta bentuk perhatian pemerintah daerah dan pembinaan yang berkesinambungan," kata pj bupati, di Kandangan, Selasa.

Baca juga: Sekda HSS buka Festival Panahan Junior Paman Birin Cup 2024

Dijelaskan dia, pihaknya mengharapkan agar dana ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, untuk menjalankan roda organisasi sesuai program yang telah ditetapkan.

Ia juga mengingatkan bahwa penggunaan dana hibah ini sangat berisiko kalau tidak sesuai dengan peruntukannya, karena itu harus dikelola secara profesional dan bertanggung jawab.

Dirinya juga meminta kepada Disporapar HSS agar selalu aktif memantau kegiatan masing-masing organisasi, dalam penggunaan dana hibah ini.

"Kami berharap agar tidak ada penggunaan di luar daripada yang telah ditetapkan dalam organisasi, apalagi fiktif," pesannya.

Hal ini karena pemberi dan penerima itu sama statusnya, kalau penggunaan tidak sesuai dengan program yang ada, maka tidak hanya akan bermasalah pada penerima juga pada pemberi.

Baca juga: Kontingen HSS POPDA Kalsel 2024 targetkan lima besar perolehan medali

Dan kalau pun ada perubahan program dalam perjalanannya, agar tidak salah hendaknya dikonsultasikan dengan Inspektorat HSS selaku pengawas, untuk melakukan perubahan atau revisi NPHD.

Sebelumnya, Kadisporapar HSS Heri Utomo, melaporkan total dana hibah yang diserahkan berjumlah Rp5 milyar 950 juta.

Adapun organisasi kepemudaan dan keolahragaan yang menerima hibah kali ini adalah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebesar Rp250 juta, Kwarcab Pramuka HSS sebesar Rp500 juta,

Kemudian, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) HSS sebesar Rp3, 5 milyar, National Paralimpic Committee (NPC) HSS sebesar Rp1 milyar dan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) HSS sebesar Rp700 juta.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024