Pemilihan putra dan putri terbaik Kalimantan Selatan (Kalsel) pada babak grandfinal gelaran Qmall Fashion Week 2024 menampilkan kostum Sasirangan sebagai warisan kekayaan budaya lokal di provinsi itu lewat dunia fashion agar semakin dikenal masyarakat dari luar daerah.

“Setiap tahun kita menggelar pemilihan putra dan putri Qmall melalui fashion show competition. Tahun ini kami jadikan kain Sasirangan sebagai kostum pada babak final, ini sebagai upaya mengenalkan kekayaan budaya daerah ke kancah nasional hingga internasional,” kata Ketua Pelaksana Qmall Fashion Week 2024 Mahdalena Syahdan di Banjarbaru, Sabtu.

Baca juga: IKWI Kalsel gelar lomba membuat kue dan fashion show kebaya semarakkan Hari Ibu

Ia menyebutkan pelaksanaan fashion show tersebut berlangsung selama dua hari, hari pertama merupakan babak penyisihan. Sedangkan hari kedua pada Minggu (26/5) akan berlangsung babak final.

“Ada tiga kategori hang dilombakan, yakni kelompok anak-anak berusia 5-8 tahun, remaja berusia 9-12 tahun, dan kelompok dewasa berusia 13-20 tahun,” ujarnya.

Mahdalena yang juga merupakan salah satu Fashion Show Designer di Kalsel itu, menjelaskan pemilihan putra dan putri Qmall 2024 melibatkan 36 peserta se-provinsi dengan latar belakang pemula dan yang sudah berpengalaman lomba fashion show baik di tingkat regional maupun nasional.

Dia mengungkapkan, tahun ini memilih tema Sasirangan pada babak final agar budaya Kalsel semakin mendunia melalui berbagai kompetisi, salah satunya lewat fashion show competition tersebut. 

“Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah. Saya mengajak masyarakat terus mengenalkan kain Sasirangan sebagai kekayaan budaya Kalimantan Selatan agar semakin dikenal dunia,” tutur Mahdalena.

Baca juga: Fashion busana casual bernuansa etnik hasil PKL siswa SMK
 
Salah satu peserta fashion show competition Qmall Fashion Week 2024 saat unjuk penampilan di hadapan dewan juri pada babak penyisihan pemilihan putra dan putri Qmall 2024 di Qmall Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (25/5/2024). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)

Ketua Dewan Juri Qmall Fashion Week 2024 Marlin mengatakan para talenta muda di Kalsel yang mengikuti fashion show competition 2024 tersebut memiliki kemampuan bagus baik kategori anak-anak, remaja, hingga yang dewasa.

Menurut dia, para peserta sudah cukup bagus dalam pembawaan kostum, baik secara desain maupun jenis pakaian.

Ia berharap ke depan, talenta muda fashion show di Kalsel semakin berkembang dalam menguasai pembawaan busana untuk setiap kompetisi fashion show baik di daerah maupun nasional.

Pada tahap penilaian babak penyisihan, Marlin didampingi dua dewan juri lain, yakni dari Pesona Kalsel 2023 dan Emma Halwafa yang juga seorang model di Kalsel.

Baca juga: Disporapar gelar fashion show desain busana muslimah

“Mereka harus semakin terampil membedakan cara pembawaan busana yang berbeda, mulai dari busana kasual, busana pesta, tidak boleh disamakan, masing-masing busana berbeda cara pembawaan dengan trik tersendiri,” ujar Marlin.

Salah satu peserta Qmall Fashion Week 2024 Nur Aisyah Putri Nayla yang sudah pernah meraih juara fashion show Harapan III pada pemilihan Putri Nusantara 2023 di Bali, mengatakan sudah berkecimpung dalam dunia model kurang lebih dua tahun.

“Saya meminati fashion show karena melihat publik figur, kemudian saya hobi dan semakin menggeluti hingga akhirnya terbiasa ikut kompetisi model,” ucap Aisyah.

Baca juga: Diandra Busana dipercaya BI adakan fashion show desain busana muslimah

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024