Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah menyaksikan penandatanganan komitmen replikasi inovasi tahun 2024, yaitu inovasi Tetap Lestari Harus Berdayakan Masyarakat (Telah Berkemas), di pendopo kabupaten setempat.

Penandatanganan simbolis komitmen penyebarluasan inovasi pelayanan publik tahun 2024 dilakukan perwakilan replikator Kepala Dinas Perikanan Kabupaten dan Kota se-Kalsel, dilakukan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Barito Kuala dan Kepala Dinas Perikanan HSS.

Dan juga dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen penyebarluasan inovasi pelayanan publik tahun 2024, oleh Kepala Dinas Perikanan HSS dengan Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik Kemenpan RB RI Ajib Rakmawanto.

"Terima kasih banyak kepada Pemkab HSS yang selama ini sudah ikut berperan aktif dalam rangka untuk mendorong kualitas pelayanan publik, melalui penciptaan-penciptaan inovasi pelayanan publik," kata Ajib Rakmawanto dalam sambutan kegiatan, di Kandangan, Rabu.

Baca juga: Dinas PUTR HSS gandeng 29 KSM interversi stunting dan kemiskinan ekstrem

Dijelaskan dia, memandang dengan melihat data di Pemerintah Provinsi Kalsel, khususnya di Kabupaten HSS merupakan salah satu kabupaten yang cukup aktif dalam mendorong inovasi-inovasi pelayanan publik.

Dalam data pihaknya miliki ada 13 kali pemenang dan di mana setiap tahunnya menyelenggarakan kompetisi inovasi pelayanan publik yang dilaksanakan sejak tahun 2014 sampai tahun 2023, dan selama 10 tahun ini HSS telah menyumbang 13 kali penghargaan.

“Terima kasih kepada Kabupaten HSS yang sudah memberikan warna baru dan menciptakan inovasi baru, sehingga bisa ditularkan di wilayah Provinsi Kalsel melalui Dinas Perikanan HSS," ungkapnya.

Senada itu, Pj Bupati HSS Hermansyah juga mengucapkan terimakasih telah memilih Kabupaten HSS sebagai lokus melalui inovasi Telat Berkemas, untuk direplikasi oleh kabupaten atau kota di Provinsi Kalsel.

Menurut dia, Pemkab HSS terus menerus melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan publik, dengan mengupayakan dan membudayakan inovasi pada setiap lini pemerintah di HSS.

Dan terus berupaya menumbuhkan inovasi, salah satu diantaranya dengan adanya HSS Innovation Award, yang diselenggarakan setiap tahun baik untuk menjaring inovasi perangkat daerah.

Baca juga: Pj Bupati HSS harapkan depo arsip mudahkan kearsipan daerah

"Penjaringan kita lakukan tidak hanya dari perangkat daerah tapi juga inovasi dari masyarakat umum kita, dengan harapan dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kabupaten HSS," bebernya.

Dikatakannya bahwa, sebelumnya pada tahun 2017 inovasi ini bernama Telat Berkemas, dan mulai tahun 2020 dikembangkan dengan perluasan target kawasan, peningkatan jejaring inovasi dan kebermanfaatannya.

Hal ini dilakukan melalui perubahan nama dengan konotasi yang lebih positif, yaitu menjadi Tetap Lestari Harus Berdayakan Masyarakat (Telah Berkemas).

"Kami ingin melalui kegiatan penandatanganan komitmen replikasi inovasi tahun 2024 ini dapat berjalan baik dan lancar," terangnya.

Serta, mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan oleh Tim dari Kementerian Pan RB, juga bagi kabupaten atau kota di Provinsi Kalsel.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024