Tanjung,  (AntaranewsKalsel) - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tanta, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan akan direlokasi mengingat makin tingginya tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan di wilayah tersebut.


Hal ini disampaikan Camat Tanta Rusmadi di Tanjung, Senin dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan yang diikuti seluruh aparat desa hingga kabupaten.

"Melalui Dana Alokasi Khusus bidang kesehatan 2017 akan dibangun puskesmas Tanta di lokasi baru karena puskesmas lama sudah tidak representatif lagi," jelas Rusmadi.

Usulan relokasi puskesmas Tanta ke lokasi baru yakni Desa Tanta RT 3 sudah disetujui dan melalui anggaran Dinas Kesehatan setempat dengan alokasikan dana sebesar Rp2 miliar.

Selanjutnya pemerintah daerah juga sudah menyiapkan lahan sekitar 4.300 meter persegi untuk pembangunan puskesmas yang baru.

Rusmadi menambahkan kegiatan 2017 sebanyak 44 usulan telah disetujui termasuk relokasi puskesmas, peningkatan jalan Tanta - Mangkusip dan Jalan Desa Tamiyang.

Termasuk rehab eks kantor camat Tanta untuk dipergunakan sebagai kantor UPT Pendidikan dan UPT Pasar.

Sedangkan usulan kegiatan pada tahun anggaran 2018 di Kecamatan Tanta sebanyak 46 paket dengan total dana Rp25 miliar.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani saat membuka musrenbang Kecamatan Tanta mengatakan perencanaan pembangunan ke depan harus memilih kegiatan yang paling prioritas.

"Disaat APBN kita sedang anjlok tentunya perlu perencanaan pembangunan yang lebih matang dengan mengutamakan kegiatan paling prioritas dan menyangkut kepentingan publik," jelas Anang.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016