Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mengharapkan agar Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Bandung Raya Jawa Barat (Jabar) bisa menjadi wadah pelestarian adat budaya Banjar.

"Selain sebagai wadah silaturahmi, KBB Bandung Raya kita harapkan pula bisa menjadi wadah pelestarian adat budaya Banjar," tegas Ketua Komisi IV HM Lutfi Saifuddin saat dikonfirmasi di Banjarmasin, Sabtu.

Harapan tersebut Lutfi disampaikan saat menghadiri halal bihalal KBB Bandung Raya di Bandung Jabar, Sabtu, seraya mengapresiasi kegiatan bertajuk silaturahmi itu.

"Tentu saja kita menyambut positif, bahkan  berharap kebersamaan dan silaturahmi ini terus terjaga dan semakin membesar,” tegas HM Lutfi Saifuddin yang akrab dengan sapaan Bang Lutfi.

Ia mengaku mendapat berbagai masukkan saat berdiskusi membahas agar organisasi KBB bisa lebih besar.

Karena, menurut dia, organisasi KBB juga sudah mendunia, di bawah kepemimpinan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau yang akrab dengan sapaan Paman Birin yang juga sebagai Presiden/Ketua Pengurus Pusat KBB Sa-Dunia.

"Hal tersebut tentu memerlukan kerja sama seluruh stakeholder, termasuk juga DPRD,. Jadi Insya Allah kita semua berkomitmen untuk sama-sama membesarkan organisasi KBB yang salah satu titik fokusnya selain silaturahmi juga melestarikan adat dan budaya banjar itu sendiri,” demikian Bang Lutfi.
 
Rombongan Komisi IV Bidang Kesra DPRD Provinsi Kalimantan Selatan saat menghadiri halal bihalal Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Bandung Raya Jawa Barat di Bandung, Sabtu (4/5/2024). (ANTARA/HO-Humas Setwan Kalsel)
 

Sementara itu, Ketua KBB Bandung Raya Husnisyah mengucapkan terima kasih kepada para wakil rakyat dari “Rumah Banjar” (Gedung DPRD Kalsel) yang membidangi kesejahteraan rakyat itu, karena sudah bersedia meluangkan waktu, bertemu dan silaturahmi bersama para warga Banjar yang ada di Jabar, terutama Bandung Raya.

Turut berhadir pula pada perhelatan/halal bihalal tersebut Ketua KBB Jabar Dadang Hilmansyah seraya berharap para perwakilan rakyat (anggota DPRD Kalsel) bisa berkunjung dan datang ke organisasi KBB di wilayah lain.

"Dengan mengunjungi KBB wilayah lain sehingga sinergi dan sumbang saran bisa terjalin, serta sebagai bentuk kepedulian DPRD Kalsel terhadap orang Banjar yang berada dan menetap di daerah lain," kara Dadang.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024