Manajemen PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) berupaya mewujudkan tantangan pelayanan untuk menjadi "Top 500 Global Company" dan nomor satu pilihan pelanggan melalui berbagai inovasi termasuk "ManBill University".
 
Salah satu upaya mewujudkannya sebagai solusi energi memacu manajemen perusahaan listrik milik negara yang membawahi wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah itu meluncurkan program Manajemen Billing (ManBill) University.

Baca juga: Srikandi PLN turut siapkan generasi emas melalui edukasi budaya "Go Green"
 
Keterangan tertulis humas PT PLN UID Kalselteng di Banjarbaru, Sabtu, PLN UPDL Banjarbaru menggelar program kelas pelatihan internal proses bisnis PLN dengan tujuan meningkatkan kapabilitas dan kualitas petugas garda terdepan, yakni petugas "Biller" (Billman) dari pihak mitra kerja PLN.
 
General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin saat membuka ManBill University mengatakan kegiatan tersebut pertama kalinya digelar manajemen karena petugas Billman memiliki peran sangat penting bagi PLN.
 
"Refreshment serta pembekalan kapabilitas dan kapasitas petugas memang menjadi agenda rutin bagi PLN. Kali ini khusus untuk petugas Billman yang memiliki fungsi layanan pengelolaan pelanggan seperti baca meter, penagihan piutang dan lainnya," ujar Joharifin.

Baca juga: 11.330 warga kurang mampu 3T manfaatkan diskon 50 persen pasang baru daya 450 VA
 
ManBill University pertama di Indonesia menghadirkan instruktur yang berpengalaman dibidangnya diikuti 700 peserta baik offline maupun online yang dilaksanakan di PLN UPDL Banjarbaru, Kamis (2/5/2024). (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

Menurut Joharifin, ManBill University perdana itu diikuti 700 peserta yang hadir secara tatap muka maupun daring berasal dari empat perusahaan mitra kerja PLN UID Kalselteng. 
 
"Kami selaku manajemen PLN UID Kalselteng, merasa bangga terhadap penyelenggaraan ManBill University yang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia. Ini juga terselenggara berkat kolaborasi yang baik dengan UPDL maupun pimpinan perusahaan mitra kerja kita," ungkapnya.
 
Dikatakan Joharifin, tuntutan petugas yang harus memiliki kompetensi sesuai dengan standar mutu pelayanan di PLN, mengharuskan perusahaan mitra kerja mematuhi kewajiban dan melalui ManBill University maka bisa menjadi pilihan utama bagi mereka sebagai lembaga pelatihan dan keterampilan tenaga kerja.

Baca juga: PLN UID Kalselteng sukses amankan 33 lokasi "Nobar" dukung perjuangan Timnas U-23
 
"Kegiatan ini adalah solusi saling menguntungkan antara PLN dan mitra kerja, jadi silahkan manfaatkan semaksimal mungkin. Pelajari materi yang ada di ManBill University agar keterampilan dan kinerja petugas makin meningkat, juga pelayanan kepada pelanggan semakin lebih baik lagi," tuturnya.
 
Joharifin menambahkan program Manajemen Billing University akan membuat performa petugas Billman menjadi lebih maksimal sehingga berdampak meningkatnya kinerja perusahaan, serta "customer experience" yang semakin dirasakan oleh pelanggan dan visi PLN untuk menjadi Top 500 Global Company dapat segera tercapai.

Baca juga: Jakarta Electric PLN raih kemenangan perdana pada PLN Mobile Proliga 2024

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024