Ratusan guru yang tergabung dalam Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan  Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Cabang Hulu Sungai Tengah menggelar kegiatan Seminar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  di Gedung Murakata Barabai, Sabtu.


Menurut Ketua Pelaksana Seminar  Norweda Arifah tujuan dari kegiatan seminar PAUD untuk meningkatkan  kualitas pendidik PAUD baik formal maupun non formal, serta menambah informasi dan wawasan sekaligus realisasi program kerja Himpaudi periode 2010-2014.

Menurut dia,  seminar sehari PAUD berbasis karakter ini diikuti 230 peserta yang terdiri dari Pendidik PAUD Non Formal  dan Kelompok Bermain /KB)), PAUD Formal (Taman
Kanak-Kanak/TK, Raudhatul Athfal/RA) yang berasal dari Kabupaten HST, HSS dan HSU.

Sebagai narasumber seminar  telah diprogramkan  Ery Soekresno dan Irwan Rinaldi dengan mengambil tema kegiatan “Seminar Sehari Pendidikan Anak Usia Dini berbasis Karakter”.

Kepala Dinas Pendidikan HST yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan HST H Rahmadi menyampaikan penghargaan atas terselenggaranya seminar sebagai bentuk partisipasi Himpaudi HST di bidang pendidikan dalam membangun daerah dan bangsa dengan  meningkatkan kualitas diri para pendidik PAUD.

Dijelaskannya pendirian dan penyelenggaraan PAUD di Indonesia  umumnya dan
Kabupaten Hulu Sungai Tengah khususnya pada saat ini bukan  hanya merupakan keharusan tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan.

“Kalau ditinjau  baik secara filosofis, yuridis, empiris, maupun secara keilmuan pendidikan anak usia dini merupakan bagian pendidikan yang sangat penting yang harus dialami oleh seorang anak manusia,” katanya.

Menyukseskan pendidikan anak usia dini perlu ditunjang berbagai fasilitas oleh berbagai pihak terkait dalam hal ini Pemerintah Kabupaten HST yang telah mengagendakan pendidikan sebagai prioritas pembangunan  perlu diiringi dukungan masyarakat utamanya para orang tua serta keluarga bila ingin  perkembangan anak secara optimal. Fat/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011