Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 3.000 guru mulai jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga kepala sekolah mengikuti pelatihan (training) pendidikan karakter yang bertujuan meningkatkan kualitas guru berkarakter.

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Bina Satria Banjarbaru, Senin, dibuka Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan di dampingi Wakil Ketua DPRD Neny dan Kadisdik Burhanudin.

"Kami mengapresiasi kegiatan ini karena sejalan dengan visi dan misi yang kami usung mewujudkan Banjarbaru kota pelayanan berkarakter dalam hal ini para guru dan pendidik," ujar wakil wali kota.

Ia mengatakan, pelatihan bagi ribuan guru yang dilaksanakan bertahap sejak 14 November hingga 10 Desember 2016 sangat bermanfaat untuk pengembangan nilai-nilai karakter bagi peserta.

Dia menjelaskan, tujuan training adalah mempersiapkan guru atau pendidik agar memiliki konsep mencetak siswa yang berkarakter di samping mampu mengukir prestasi akademis.

"Guru adalah salah satu pembentuk karakter anak didik karena melalui satu sentuhan seorang guru lahir sumber daya manusia yang berkualitas sehingga peran guru sangat besar," ungkapnya.

Ditekankan, kondisi itu merupakan bukti nyata pentingnya peranan guru bagi kemajuan suatu bangsa di samping guru ujung tombak dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa.

"Dunia pendidikan saat ini menuntut perubahan kurikulum pendidikan dengan mengedepankan karakter berkualitas sehingga harus dimulai dari kualitas guru yang harus ditingkatkan," ucapnya.

Di sisi lain, sebelum mencontohkan karakter baik kepada anak didik, setiap guru dituntut harus memiliki karakter yang baik terlebih dahulu karena guru adalah panutan bagi anak didiknya.

"Karakter tidak bisa dibeli, tidak bisa diwariskan dan bukan bawaan lahir tetapi karakter dibangun dan dikembangkan secara individu diarahkan guru maupun pendidik," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Banjarbaru Burhanudin mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mendukung visi dan misi kepala daerah mewujudkan Banjarbaru kota pelayanan berkarakter.

"Training bagi 3.000 guru dari seluruh jenjang pendidikan dilaksanakan setiap hari diikuti 150 guru menghadirkan salah seorang motivator trainer nasional yakni Taufiqurahman," katanya. 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016