Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasional Demokrat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (DPD NasDem HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membuka peluang berkoalisi untuk mengusung calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Kita di DPRD HSS memperoleh empat kursi dari pemilihan legislatif (pileg) 14 Februari 2024 lalu, dan siap berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung cabup dan wabup di pilkada," kata Ketua DPD NasDem Kabupaten HSS Zainal Abidin di Kandangan, Kamis.

Dijelaskan Zainal, DPD NasDem HSS berkoordinasi dan komunikasi dengan beberapa partai lain untuk membentuk koalisi menjelang pilkada dan membuka pendaftaran penjaringan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati.

Baca juga: Pemkab HSS dukung pemilu 2024 dari teknis dan anggaran

Pendaftaran penjaringan tersebut sesuai Instruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem yang dilakukan penjaringan selama seminggu pada 1-7 Mei mendatang.

Penjaringan terbuka untuk umum dengan mendaftarkan diri langgung ke kantor DPD NasDem HSS di Jalan Kutilang, Komplek Perumnas Tibung Hamalau, Desa Tibung Raya, Kecamatan Kandangan.

“Di hari pertama pendaftaran belum ada yang mendaftar, tapi memang sudah ada empat orang telah menyampaikan ke kita akan mendaftar, yakni dua bakal cabup dan dua bakal cawabup,” terangnya.

Baca juga: Raih suara tertinggi, Ketua DPRD HSS apresiasi partisipasi tinggi masyarakat

Dari hasil pendaftaran penjaringan, bakal cabup dan cawabup yang mendaftar akan dikirim ke DPW NasDem Provinsi Kalsel  dan dilanjutkan ke DPP serta dilakukan survei elektabilitas.

Setelah survei elektabilitas, lanjut dia, kemudian akan ada keputusan rekomendasi bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati  yang akan diusung.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024