Ketua DPRD HSS Haji Akhmad Fahmi (HAF) menghaturkan terima kasih terhadap partisipasi dan dukungan masyarakat sehingga dapat meraih suara tertinggi sebagai calon anggota legislatif pada Pemilihan Umum (pemilu) 2024.

"Alhamdulillah telah ditetapkan hasil perolehan suara secara nasional, termasuk hasil pileg di Kabupaten HSS, setiap orang telah menyalurkan hak pilih dan berjalan lancar dan damai," kata HAF di Kandangan, Senin.

HAF mengatakan kesuksesan memperoleh suara tertinggi tersebut tidak terlepas dari dukungan seluruh masyarakat yang berduyun-duyun mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) dan kerja keras para penyelenggara didukung pengamanan dari elemen TNI/Polri.

HAF menyatakan dirinya dan calon legislator yang terpilih pada pemilu akan menjaga amanah dan aspirasi masyarakat bersama pihak eksekutif dan mitra lain untuk membangun daerah ke arah lebih baik.

Baca juga: Ketua DPRD HSS bekali pelajar dengan materi kepemimpinan

"Saya sadar bahwa amanah besar tentu membawa konsekuensi besar pula dalam tanggung jawabnya, dan mohon doa restu dan dukungan masyarakat agar kami senantiasa diberikan kekuatan dan kemudahan oleh Allah SWT dalam mengemban amanah dan komitmen memperjuangkan aspirasi tersebut," ujarnya.

Pada Pemilu 2024, politis Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut kembali menjadi anggota DPRD Kabupaten HSS usai memperoleh suara tertinggi sebanyak 4.811 suara pada tiga daerah pemilihan (Dapil) di HSS.

Dengan meraih suara tertinggi tersebut, HAF berpotensi kembali menjadi Ketua DPRD HSS, sedangkan PKS sebagai partai politik dengan perolehan suara terbanyak di HSS.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang dilakukan KPU HSS, PKS diperkirakan mendominasi kursi di DPRD HSS dengan memperoleh sekitar enam kursi.

Sebelumnya, KPU Kabupaten HSS mengumumkan perolehan kursi PKS pada Dapil 1, meliputi Kecamatan Kandangan, Simpur, Sungai Raya dan Kalumpang.

Baca juga: DPRD HSS apresiasi partisipasi politik masyarakat meningkat jadi 81 persen

Sedangkan Dapil II, meliputi Kecamatan Padang Batung, Telaga Langsat, Loksado dan Angkinang, serta Dapil III mencakup Kecamatan Daha Selatan, Daha Barat dan Daha Utara.

PKS meraih tiga kursi di Dapil 1, Dapil II (dua kursi), dan Dapil III (satu kursi), sedangkan Partai Nasdem, Golkar dan PDI Perjuangan sebanyak empat kursi, serta Gerindra dan PKB (tiga kursi).

Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan meraih dua kursi, Partai Demokrat (satu kursi), kemudian Partai Gelora (satu kursi) sehingga total 30 kursi di DPRD HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024