Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024.

Peringatan mengusung tema tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar”, di Lapangan Lambung Mangkurat, alun-alun Kota Kandangan.

"Lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan kami di Kemendikbudristek, menjadi pemimpin dari gerakan merdeka belajar semakin menyadarkan kami, tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia," kata Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, Kamis.

Dijelaskan dia, Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar, bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran.

Baca juga: Pj Bupati HSS dukung program Pelajar Pancasila

Pada awal perjalanan, pihaknya menyadari bahwa membuat perubahan butuh perjuangan, rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan.

"Kemudian, ketika langkah kita mulai serempak, kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi," ujarnya.

Menurut dia, dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis, pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan, dengan bergotong royong berjuang untuk bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat.

Ombak kencang dan karang tinggi sudah dilewati bersama, dan kini sudah mulai merasakan perubahan terjadi, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak.

"Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama, dengan gerakan merdeka belajar," terangnya.

Baca juga: Pj Bupati HSS hadiri halal bihalal bersama keluarga besar PGRI

Dan lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan merdeka belajar.  Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh.

Semua yang telah dijalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan, semua yang sudah diupayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang dicita-citakan.

Sesudah membacakan teks sambutan Mendikbud-Ristek, Pj Bupati HSS H. Hermansyah mengucapkan selamat Hardiknas kepada insan pendidikan baik pelajar, mahasiswa, tenaga pendidik dan kependidikan.

"Terimakasih atas dharma bakti yang selama ini telah diberikan untuk mencerdaskan anak bangsa kita di HSS, “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar," tutupnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024