Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Lembaga pendidikan di Kabupaten Hulu Sungai Utara kembali menorehkan prestasi pada Lomba Usaha Kesehatan Sekolah tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Isnur Hatta di Amuntai, Kamis mengatakan, prestasi yang diraih pada Lomba UKS yakni kategori Taman Kanan-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan dokter cilik.

"Alhamdulillah berkat komitmen, kerja keras dan dukungan semua pihak, khususnya SKPD terkait, sehingga lembaga pendidikan kembali mampu meningkatkan kualitas budaya hidup bersih dan sehat melalui lomba UKS ini," ujar Isnur.

Isnur mengatakan, target sesungguhnya mengikuti Lomba UKS bukan hanya gelar juara melainkan mewujudkan budaya hidup bersih dan sehat dikalangan masyarakat. Menurutnya kesehatan sangat penting untuk menunjang proses belajar disekolah sehingga aspek kebersihan dan kesehatan turut menyumbang upaya menciptakan sumber daya manusia berkualitas.

Prestasi yang diraih Kabupaten HSU pada Lomba UKS 2016 yakni untuk kategori TK diraih TK Pembina Negeri Kecamatan Banjang dan kategori SD diraih SDN Sungai Malang 2 Amuntai, dan dokter cilik atas nama Zahwa Karmila dari SDN Paliwara 1 Amuntai, masing-masing kategori meraih juara satu.

Isnur mengatakan, menuju target berikutnya ketingkat nasional diperlukan kerja keras yang lebih besar lagi untuk menyiapkan TK dan SD yang sudah berprestasi ditingkat Provinsi kemaren.

"Pemerintah tentu berharap prestasi ini bisa memotivasi sekolah lain untuk meningkatkan budaya hidup bersih dan sehat, melalui perubahan pola hidup bersih dan sehat dikalangan pelajar ini diharapkan menular kelingkungan keluarga dan masyarakat sekitar," pungkasnya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016