Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan H Syamsir Rahman mengatakan masih memproses lima posisi kepala dinas yang belum dijabat pejabat definitif.

"Tidak mudah untuk menetapkan dan mengisi itu karena harus melalui tahapan-tahapan," ujar Syamsir di Pelaihari, Selasa.

Baca juga: BKPSDM Tanah Laut: 757 PPPK rekrutan 2023 resmi dilantik

Syamsir meminta Kepala Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Wilayah VIII sebagai panitia seleksi (Pansel) untuk menyaring calon lima kepala dinas tersebut.

"Ini betul-betul selektif dan menghasilkan  sumber daya manusia,  pejabat eselon II yang tangguh," tegasnya.

Dijelaskan Syamsir, kepala dinas yang terpilih harus tangguh pada bidang administrasi, lapangan dan profesionalisme.

"Jadi bukan hanya kita mencari hanya sebagai jabatan kosong semata" tandas Syamsir.

Dia menginginkan Kabupaten Tanah Laut dapat bersaing dan mengedepankan pemimpin yang sudah mempunyai pengalaman dari hasil seleksi dengan hasil memuaskan.

Sebelumnya, Kepala Bidang Mutasi dan Pengembangan Aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanah Laut Fajar Triadmaja mengungkapkan untuk mengisi kekosongan lima kepala dinas harus ada izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Karena saat ini kepala daerah Tanah Laut dipegang Penjabat (Pj) Bupati berkaitan kewenangan itu, maka harus ada prosedur yang ditempuh, antara lain izin Kemendagri untuk melaksanakan seleksi terbuka," ujar Fajar.

Baca juga: Pj Bupati Tanah Laut sebut Kalsel urutan ke enam penyangga pangan nasional

Menurut dia, lima kepala dinas kosong tersebut terdiri dari Dinas Kominfo, Dinas BKPSDM, Dinas Pariwisata, Dispusip dan Dinas P2KBP3A.

Sebelum izin dari Kemendagri, sebut dia, pihaknya telah bersurat ke Gubernur Kalsel sebagai pengantar ke Kemendagri.

"Saat ini dari gubernur sudah turun suratnya dan siap kita sampaikan ke Mendagri izinnya," terangnya.

Setelah keluar izinnya dari Mendagri, jelas dia, baru minta rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk melaksanakan lelang sesuai tahapan yang diajukan ke KASN.

"Kalau dari Kemendagri SOP selama 14 hari, tapi kita memahami saat ini di Indonesia banyak yang jadi penjabat dan semuanya bermuara izin ke Mendagri," ucap Fajar.

Namun demikian, sambung dia, pihaknya tetap mengawal sesuai SOP dan tetap berkoordinasi dan komunikasi dengan Kemendagri.

Lebih lanjut, dia mengemukakan, untuk mengisi kekosongan kepala dinas  sesuai aturan ASN diisi dengan pelaksana tugas hingga ada kepala dinas definitif.

Baca juga: BPN Tanah Laut bersyukur raih predikat kinerja terbaik 2023 se-Kalsel

Pewarta: Arianto

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024