Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Noor mengatakan saat ini pihaknya telah menyiapkan agenda untuk menyambut momentum Lebaran Idul Fitri 2024.

"Dishub bersama Sat Lantas Polres Tapin nanti akan melakukan pengamanan malam takbiran hingga pengamanan sholat Idul Fitri, selain itu juga kita letaknya personel pada posko layanan Ketupat Intan," ungkapnya kepada ANTARA di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Senin.

Baca juga: ARUS MUDIK-Lalu lintas didominasi ke arah Kaltim
 

Noor mengatakan bersama Sat Lantas Polres Tapin pihaknya tengah menyiapkan survei pada ruas jalan dan fasilitas keselamatan jalan, hal ini ditujukan untuk melakukan pemetaan daerah rawan.

"Terus, kita juga akan melakukan Inspeksi keselamatan lalu lintas (rampceck) terhadap angkutan umum sebagaimana arahan pihak kementerian," ujarnya.

Dituturkan Noor, selain berfokus pada pemetaan daerah rawan kecelakaan pihaknya saat ini juga telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas sebagai upaya mitigasi kemacetan.

"Nanti akan kita sebar personel pada setiap titik rawan kemacetan," ungkapnya.

Baca juga: Dishub Tapin pasang rambu di titik rawan arus mudik Trans Kalimantan
 

Noor mengatakan sejauh ini tak ada kendala berarti pada upaya pengamanan dan melancarkan arus mudik Lebaran 2024 ini.

Di sisi lain, saat ini pihak PUPR Kabupaten Tapin juga telah bergerak yakni menambal hingga memperbaiki jalan berlubang dan rusak di ruas kabupaten yang terkoneksi dengan jalan nasional.

"Tindakan sudah kita lakukan sejak seminggu lalu, hal ini untuk memperlancar arus mudik di lintas Kabupaten Tapin," ungkapnya.

Baca juga: Amankan jalur Trans Kalimantan, Polres Tapin dirikan pos arus mudik

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024