Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggulirkan 10 kegiatan unggulan sesuai rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Yang pertama ada pengembangan kawasan pendidikan dan pelatihan di Kecamatan Tapin Selatan," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Tapin Meidy Harris Prayoga di Rantau, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Minggu.

Baca juga: Sekda Tapin rancang program sarjana desa hingga pusat pendidikan

Meidy menuturkan kegiatan lain ada home care untuk para tokoh masyarakat, penurunan stunting, penguatan data riset dan inovasi dalam proses pembangunan daerah.

"Home care untuk tokoh masyarakat ini termasuk ulama. Sedangkan, untuk penguatan data ditujukan untuk adanya hasil riset untuk pembangunan daerah yang terarah," ungkapnya.

Selanjutnya, kegiatan pembangunan minimal pilot project pengembangan wilayah Kecamatan Binuang dan Kecamatan Candi Laras Utara.

"Terus yang keenam, yakni peningkatan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) hingga penguatan pengamanan data digital melalui CSRT," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Tapin soroti angka kemiskinan

Dituturkan Meidy, program lain mendorong potensi ekonomi pariwisata dengan cara membuka ruas Jalan Binuang-Batu Hapu menuju situs Geopark Meratus.

"Pekerjaan rumah lainnya, pengembangan kawasan perdesaan di Kecamatan Tapin Tengah, Kecamatan Bakarangan, Kecamatan Candi Laras Utara dan Kecamatan Candi Laras Selatan," ucap Meidy.

Sedangkan yang terakhir, dikatakan Meidy, program jangka panjang untuk menghapus kemiskinan ekstrem di Kabupaten Tapin.

Meidy mengatakan adapun upaya yang telah dilakukan untuk melancarkan 10 agenda kegiatan unggulan Pemerintah Kabupaten Tapin ini yakni mengalokasikan anggaran pada APBD 2024.

Baca juga: Pemkab Tapin tekan pengangguran lewat pengembangan SDM

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024