Ratusan warga Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mendapat layanan pengobatan gratis sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Satu warga Kelurahan Belimbing Kanti Rahayu (69) mengaku berterima kasih dengan adanya layanan pengobatan massal secara gratis di Kantor  Kecamatan Murung Pudak.

Baca juga: Puskesmas Tanta usulkan perbaikan sarana dan prasarana layanan kesehatan

"Alhamdulillah saya dapat melakukan pemeriksaan kesehatan gratis dan mendapat  vitamin tambahan," ungkap Rahayu di Tabalong, Rabu.

Selain Rahayu, warga sekitar Kecamatan Murung Pudak turut memadati halaman kantor Kecamatan setempat dan mengantre untuk mendapatkan layanan dari tim kesehatan Puskesmas Mabuun dan Puskesmas Murung Pudak.

Pengobatan massal gratis ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 dan Safari Ramadan 1445 Hijriah yang dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Selatan Raudatul Jannah Sahbirin Noor.

"Saya mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat guna meningkatkan  derajat kesehatan," ujar Raudatul.

Selain pengobatan massal gratis kehadiran, TP PKK Provinsi Kalsel  juga menggelar kegiatan bakti sosial berupa sunatan massal, pasar murah dan pemberian paket kebutuhan bahan pokok untuk remaja.

Baca juga: Polres Tabalong berikan layanan kesehatan bagi tukang ojek

Sebanyak 50 anak menjadi peserta sunatan massal dan 250 paket sembako yang diberikan kepada warga yang membutuhkan.

Kegiatan sosial ini juga melibatkan para pihak terkait mulai  Dins Kesehatan, Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Provinsi Kalsel.

Bantuan yang diberikan berupa paket untuk kader PKK bagi tumbuh kembang anak dalam rangka mewujudkan Provinsi Layak Anak (Provila) dan program kabupaten Kota Layak Anak (KLA) serta paket bagi peserta sunatan gratis berupa sarung, peci dan makanan ringan dan susu.

Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah mengapresiasi kegiatan sosial di "Bumi Saraba Kawa" tersebut.
 
"Bakti sosial ini  merupakan wujud nyata  kepedulian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat," ungkap Hamida.

Ia pun berharap kegiatan tersebut dapat memberikan edukasi yang lebih luas tentang pentingnya menjaga kesehatan kepada masyarakat.

Baca juga: BPJS Kesehatan gelar evaluasi dan monitoring RS di Banua Enam

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024