Sejumlah sarana dan prasarana layanan kesehatan di Puskesmas Tanta, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan rusak dan tidak bisa difungsikan.

Kepala Puskesmas Tanta dr In Yatun Nisa mengatakan pihaknya telah mengusulkan perbaikan sarana dan prasarana yang rusak ke Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong pada April 2023.

Baca juga: Polisi ciduk pelaku pengancaman di Kecamatan Tanta

"Beberapa bagian plafon bocor dan jatuh, lantai serta dinding bangunan di ruang rawat inap retak sehingga fasilitas tak bisa dimanfaatkan," jelas In Yatun di Tabalong, Senin 

Selain itu jaringan listrik pada bagian bangunan tambahan belum ada dan fasilitas Ipal juga belum bisa difungsikan.

Selain perbaikan sarana dan prasarana Puskesmas Tanta juga mengusulkan perbaikan plafon, pintu dan jendela di Polindes Luk Bayur Kecamatan Tanta.

"Usulan ini terkait peningkatan mutu pelayanan bagi masyarakat dan persiapan akreditasi puskesmas yang telah berakhir masa berlakunya," jelasnya.

Terpisah, Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kabupaten Tabalong Taufik mengatakan telah menerima usulan perbaikan sarana dan prasarana  di Puskesmas Tanta.

Baca juga: Gara-gara surat tanah warga Tanta aniaya saudara kandung

"Sudah kita laksanakan," jelas Taufik dalam pesan singkatnya melalui via WhatsApp.

Sementara itu, sejumlah warga Kecamatan Tanta berharap adanya  layanan rawat inap di Puskesmas Tanta sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh ke RSUD H Badaruddin Kasim Tanjung di Kelurahan Mabuun atau ke Kabupaten Balangan.

"Kecamatan Tanta berada di ring satu operasional Adaro namun fasilitas layanan kesehatannya justru belum optimal karena tidak ada layanan rawat inap," ungkap salah satu warga Amin.

Sebagai informasi telah dibangun tujuh ruang rawat inap di Puskesmas Tanta pada tahun 2019 namun karena kondisinya rusak sehingga belum bisa difungsikan hingga sekarang.

Baca juga: Bupati Tabalong buka TMMD ke-115 di Kecamatan Tanta

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024