Partai Golkar Kalimantan Selatan (Kalsel) menginventarisir figur terutama dari internal untuk menjadi bakal calon gubernur pada  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Kendati hasil pileg, kami mempunyai hak atau memenuhi syarat untuk mengusung sendiri figur calon kepala daerah, tapi tetap membuka diri berkoalisi," ujar Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kalsel H Supian HK di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Sabil terima SK DPP Golkar, musda ditunda H Saban Effendi tetap ketua partai

Supian mencontohkan Partai Golkar mendapat 13 dari 55 kursi di DPRD Kalsel pada Pemilu 2024.

Ia menyebutkan Partai Golkar Kalsel menyiapkan beberapa orang figur untuk Pilgub Kalsel 2024, antara lain seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Hj. Raudhatul Jannah atau yang akrab dengan sapaan "Acil Odah" (Acil atau tante).

Selebihnya dari figur internal Golkar, yaitu Hasnuryadi, Sulaiman HB, Ahmadi Noor Supit dan Sulaiman Umar.

Baca juga: Golkar berpotensi loloskan kadernya pimpin tujuh kabupaten dan provinsi

Begitu pula untuk Pilkada pada tingkat kabupaten/kota se-Kalsel, Golkar menyiapkan dari kalangan internal, seperti Gusti Iskandar Sukma Alamsyah untuk Kota Banjarbaru, HM Rusli (Kabupaten Banjar) dan Rahmadi (Barito Kuala).

Selain itu, Golkar juga menyiapkan sosok perempuan muda Hj. Suryatin Hidayah yang merupakan putri dari almarhum H Harunurrasyid (mantan Bupati Hulu Sungai Tengah) menjadi bakal calon bupati HST.

Berdasarkan pantauan, beberapa bakal calon wali kota dan wakil dari perseorangan untuk Kota Banjarmasin terdapat nama, seperti HM Lutfi Saifuddin berpasangan dengan Habib Fathurrachman Bahasyim.

Baca juga: Musda X DPD Partai Golkar HST ditunda setelah Pilkada

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024