Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Suhaimi, menyampaikan kabar penundaan pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) X DPD Partai Golkar HST.

Ia mengatakan, penundaan ini sesuai dengan Surat instruksi (SI) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Nomor : SI-14/Golkar/VIII/2020, tentang perihal penundaan penyelenggaran Musda Partai Golkar di Kabupaten HST dan dilaksanakan setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

"Benar kita sudah menerima surat instruksi tersebut, maka jadwal musda yang kita jadwalkan akhir bulan Agustus ini akan ditunda dan kepengurusan partai yang ada tetap berjalan seperti biasanya dalam menghadapi Pilkada," katanya, saat dihubungi melalui telepon, Kamis (20/8) malam.

Baca juga: Athaillah Hasbi nyatakan siap bertarung dalam Musda X DPD Golkar HST

Dijelaskan dia, instruksi ditujukan kepada Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tersebut berisi penundaan pelaksanaan Musda Partai Golkar HST, serta akan dilaksanakan setelah penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020.

Kemudian, menyelenggarakan Musda Partai Golkar di HST selambat-lambatnya tanggal 30 Januari 2021, melegalisir salinan SKEP/SK terakhir kepengurusan DPD Partai Golkar Kabupaten HST dan disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

Penyampaian kepada KPU RI  paling lambat satu bulan, sebelum waktu pendaftaran melalui Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), apabila terdapat kendala dalam melaksanakan akses ke dalam SIPOL dapat disampaikan secara tertulis kepada KPU RI.

Baca juga: Pilkada HST: Saban-Habib resmi terima SK Golkar dari Airlangga Hartarto

"Adanya Instruksi ini maka kepengurusan kita tetap, juga dengan pertimbangan kondisi kita dalam menghadapi pilkada 2020 mendatang, tidak ada perombakan kepengurusan dan diperpanjang sampai musda nanti digelar sesuai instruksi," katanya.

Ketua DPD Partai Golkar HST H Saban Effendi, mengatakan juga telah menerima surat instruksi tersebut, sehingga pihaknya tentu akan fokus dalam menghadapi tahapan dan pemenangan pilkada, di mana dalam pilkada HST tahun 2020 ia berpasangan dengan Habib Didil.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020