Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Said Abdullah menyerahkan bantuan kepada warga korban kebakaran di wilayah RT06 dan RT23 Kelurahan Cempaka Kecamatan Cempaka, Banjarbaru.
 
Penyerahan bantuan dari Pemkot Banjarbaru itu dilakukan Said didampingi Asisten I Abdul Basid, Kepala Dinas Sosial Rokhyat Riyadi dan Camat Cempaka Dedy Haryadi di lokasi kebakaran, Senin.

Baca juga: DPRD Banjarbaru serahkan bantuan peralatan pemadam kebakaran
 
"Bantuan dari Pemkot Banjarbaru kami serahkan kepada 25 kepala keluarga terdiri dari 73 jiwa korban kebakaran. Semoga bantuan bisa bermanfaat sambil menunggu proses perbaikan rumah," ujar Said.
 
Menurut Said, bantuan diberikan sudah ditentukan jenisnya oleh pemerintah yang disalurkan melalui Dinas Sosial berupa berupa kasur, matras, sandang (pakaian) dan juga selimut sesuai jumlah jiwa.
 
Ditambahkan Kepala Dinas Sosial Banjarbaru Rokhyat Riyadi, bantuan berasal dari dana APBD murni Tahun Anggaran 2024 yang sebelumnya dianggarkan untuk bantuan bencana termasuk bagi korban kebakaran.
 
"Pengadaan barang untuk bantuan bencana dialokasikan pada APBD murni dan disalurkan kepada korban kebakaran berupa kasur 48 buah, selimut 48 lembar, sandang 48 paket dan matras 32 buah," sebutnya.

Baca juga: Kriminal, hukum dan politik kemarin, dari dari Polisi ungkap penyebab perempuan tewas akibat kebakaran
 
Dikatakan Rokhyat, pihaknya juga membuka dapur umum bagi korban kebakaran untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan pangan agar tetap bisa beraktivitas berupa makan siap saji selama tiga hari.
 
"Sesuai dengan standar operasional prosedur yang ditetapkan Kemensos maka dapur umum dibuka tiga hari dan kebetulan bulan Ramadhan sehingga disiapkan makanan untuk berbuka dan sahur," ucap Rokhyat.
 
Diketahui, bencana kebakaran yang melanda kawasan permukiman di Kecamatan Cempaka tepatnya di RT06 dan RT23 Kelurahan Cempaka Kecamatan Cempaka, Banjarbaru terjadi Sabtu (16/3) siang.
 
Kebakaran cukup besar yang terjadi sekitar pukul 13.10 WITA tersebut menghanguskan 17 buah rumah warga yang terletak di bantaran Sungai Kuranji hingga membuat 17 KK dan 74 jiwa kehilangan rumah.

Baca juga: Polisi ungkap penyebab perempuan tewas akibat kebakaran di Banjarbaru

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024