Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITSM) Balangan, Kalimantan Selatan menggelar kegiatan peletakan batu pertama untuk pembangunan gedung baru yang menjadi universitas pertama di Banua Enam.

“Gedung baru ITSM Balangan ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana perkuliahan yang memadai guna pengembangan Institut Teknologi Sapta Mandiri,” kata Ketua Yayasan Sapta Bakti Pendidikan (YSBP) Balangan yang menaungi kampus ITSM Balangan Slametno di Kabupaten Balangan, Jumat.

Baca juga: ITS Mandiri bagikan takjil kepada warga

Slametno menuturkan kegiatan ini merupakan salah satu program jangka pendek dan jangka panjang YSBP dalam rangka untuk mengoptimalkan Institut Teknologi Sapta Mandiri Balangan.

Slametno melanjutkan karena mengingat ditahun kedua ini sudah ada 700 mahasiswa dan nanti tahun ketiga itu lebih dari 1000 mahasiswa, serta mengingat bangunan yang ada ini kalau bisa dibilang mungkin tidak mampu lagi menampung kapasitas mahasiswa yang cukup besar di Kabupaten Balangan ini. 

Slametno mengungkapkan saat ini lahan yang tersedia untuk pembangunan gedung baru Institut Teknologi Sapta Mandiri Balangan adalah sekitar 5000 meter persegi.

Kemudian dalam waktu dekat nanti pihaknya akan menambah disebagian belakang sekitar 3500 meter persegi, dan saat ini sedang dalam proses negosiasi untuk perluasan diseberang jalan sekitar 2000 meter persegi. 

“Pembangunan gedung baru ini kami targetkan untuk bangunan tahap pertama ini selambat-lambatnya selesai pada bulan Agustus 2024, jadi September 2024 nanti sudah bisa digunakan untuk proses perkuliahan,” ujarnya.

Selain itu ujar Slametno pihaknya sudah berkoordinasi dengan tim konsultan untuk pembentukan perubahan dari institut ke universitas, yang mana saat ini untuk pengajuan universitas dalam tahap antrean dan ditargetkan tahun ajaran baru sudah berubah jadi universitas.

Sementara itu Rektor ITSM Balangan Abdul Hamid memberikan dukungan penuh untuk akses pendidikan bagi masyarakat Kabupaten Balangan, melalui gedung ini menjadi komitmen pihaknya dalam hal pembangunan SDM di Kabupaten Balangan. 

Baca juga: ITS Mandiri juarai seleksi Bapomi Kalsel cabor pencak silat

“Jadi bagi masyarakat Balangan yang ingin menempuh pendidikan tidak perlu jauh-jauh lagi, karena insyaallah nanti kita menjadi satu-satunya universitas di Banua Enam dan itu tentunya menjadi daya tarik baru bahkan bukan hanya untuk warga Balangan tapi juga untuk warga sekitar Balangan,” ucap Hamid.

Oleh karena itu sangat diharapkan akan meningkatkan SDM baik dari segi pembangunan, kapasitas serta kompetensi SDM yang ada di Kabupaten Balangan dan sekitarnya.

Diketahui saat status perubahan dari institut menjadi universitas, maka akan ada tambahan fakultas baru di antaranya adalah Fakultas Hukum (S1 Hukum), Fakultas Pendidikan (S1 PGSD), Fakultas Ekonomi (S1 Manajemen), Fakultas Teknik (S1 Teknik Sipil) dan Fakultas Kesehatan (D3 Gizi).

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024