Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Selatan (KPU Kalsel) siap menuntaskan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2024 tingkat provinsi selama tiga hari mulai Rabu-Jumat (6-8 Maret 2024).

"Ada tujuh sesi rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara kami laksanakan dari dua kota dan 11 kabupaten," kata Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: KPU Kalsel rilis lima besar daftar caleg DPR RI dari Dapil II

Adapun yang ditetapkan KPU Kalsel saat rapat pleno, yakni perolehan suara calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel.

Dia menjelaskan KPU provinsi hanya menetapkan saja hal yang sudah diputuskan pada setiap tahapan rekapitulasi secara berjenjang mulai TPS ke kecamatan terus ke kabupaten hingga provinsi, sehingga jika ada protes maka ditampung dalam berita acara kejadian khusus.

Baca juga: Polres Tabalong kawal kotak suara ke KPU Provinsi Kalsel

"Kalau memang tidak puas dengan ketetapan nanti maka siap-siap untuk dibawa ke MK saja," kata dia.

Berdasarkan undangan peserta yang dirilis KPU Kalsel, rapat pleno dihadiri sekitar 250 orang yang terdiri dari jajaran KPU dan Bawaslu, unsur forkopimda serta perwakilan partai politik peserta pemilu dan para saksi.

KPU Kalsel juga menyiarkan secara terbuka rapat pleno melalui kanal Youtube dan akun media sosial Instagram resmi milik lembaga penyelenggara pemilu tersebut.

Baca juga: Duka untuk pahlawan demokrasi
 
Suasana rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2024 tingkat Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Rabu (6/4/2024).
(ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024