Organisasi pemantau Pemilu, yakni Lembaga Studi Visi Nusantara (LS Vinus) dan Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) mengapresiasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin yang melaksanakan proses Pemilu 2024.
 
"Kami menilai KPU Kota Banjarmasin secara profesional telah menjalankan asas penyelenggaraan Pemilu, yaitu LUBER JURDIL sesuai dengan amanah undang-undang," kata Perwakilan LS Vinus Faqih Ramadani di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: Kapolda Kalsel: Hormati penghitungan suara Pemilu di KPU
 
Faqih mengatakan LS Vinus merupakan organisasi yang tersertifikasi sebagai salah satu lembaga pemantau Pemilu 2024.
Dia menilai KPU Kota Banjarmasin sudah melaksanakan asas LUBER JURDIL, yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sejak masa kampanye, pencoblosan pada 14 Februari 2024 hingga perhitungan suara dan rapat pleno akhir rekapitulasi perolehan suara pada 4 Maret 2024.
 
"KPU Kota Banjarmasin sudah menjalankan sesuai Peraturan KPU yang berlaku," paparnya.
 
Perwakilan PMII Kota Banjarmasin Fikri juga menganggap Pemilu 2024 di Kota Banjarmasin berjalan dengan lancar.
 
"Organisasi kami yang tersertifikasi secara nasional sebagai lembaga pemantau Pemilu telah memantau langsung proses penyelenggaraan Pemilu di Kota Banjarmasin," ujarnya.
 
Secara keseluruhan menilai Pemilu 2024 di Kota Banjarmasin, ucap dia, telah menjunjung tinggi asas penyelenggaraan Pemilu.

Baca juga: 2.563 disabilitas di Banjarmasin gunakan hak pilih pada Pemilu 2024
 
"Kami mengapresiasi KPU Kota Banjarmasin yang telah kooperatif dan memberikan informasi terkait proses, sehingga memudahkan tugas-tugas kami sebagai pemantau Pemilu," ujarnya.
 
Ketua KPU Kota Banjarmasin Rusnailah menyampaikan terima kasih terhadap penilaian yang positif dari LS Vinus dan PMII yang sudah mengapresiasi kinerja pihaknya menyelenggarakan Pemilu 2024.
 
Dia pun juga mengungkapkan terima kasih bagi seluruh masyarakat yang telah mengawasi proses pelaksanaan Pemilu di Banjarmasin hingga terselenggara dengan lancar.
 
Rusnailah menyampaikan TNI-Polri turut berperan aktif mendistribusikan logistik dan Pemerintah Kota Banjarmasin bersama Forkopimda.
 
"Kami bersama jajaran berterima kasih kepada seluruh pihak atas terselenggara Pemilu di Kota Banjarmasin, dan Alhamdulillah sudah menuntaskan proses rekapitulasi hasil suara tadi malam," katanya.

Baca juga: KPU Banjarmasin distribusikan logistik Pemilu untuk lima kecamatan

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024