Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Winarto meminta seluruh peserta Pemilihan Umum (Pemilu 2024) dari partai politik maupun calon legislatif agar menghormati hasil penghitungan surat suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Sabtu ini, saya memantau langsung penghitungan suara di Kota Banjarmasin guna memastikan perhitungan suara di Kalimantan Selatan berjalan dengan lancar,” kata dia di Banjarmasin, Sabtu.

Baca juga: Kapolda Kalsel: Situasi keamanan terkendali usai pencoblosan

Ia menyebutkan dari beberapa pemantauan di gudang logistik tingkat kecamatan yang dilakukan, seluruh tahap penghitungan surat suara berjalan dengan kondusif.

“Saya pastikan semua proses berjalan dengan baik, untuk itu mari kita hormati apapun hasil penghitungan suara oleh KPU,” ujarnya.

Winarto mengaku ada sedikit gangguan ketertiban ketika pencoblosan di beberapa tempat pemungutan suara (TPS), namun saat ini kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) kembali normal karena sudah ditangani jajaran polres.

Karena itu, dia mengajak seluruh pihak sabar menunggu penghitungan suara hingga KPU menyelesaikan dan menghormati serta menjunjung tinggi kekeluargaan terkait apapun hasilnya nanti.

Baca juga: Kapolda Kalsel perintahkan personel siaga penuh amankan TPS

Selain meninjau proses penghitungan surat suara, Kapolda Kalsel bersama jajaran melihat secara langsung kondisi kesehatan petugas yang sedang menghitung surat suara.

Setelah melihat kondisi petugas, kata dia, semuanya masih dalam keadaan sehat, ia meminta para petugas tetap menjaga kesehatan agar proses penghitungan surat suara dapat selesai tepat waktu.

“Hingga saat ini semuanya berjalan dengan lancar, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024,” ujar Winarto.

Baca juga: Kapolda Kalsel kunker ke Polres HSS

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024