Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan kembali meraih penghargaan adipura kategori kota sedang dan meraih plakat penghargaan pengelolaan pasar terbaik dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.
 
Kedua penghargaan itu diserahkan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar kepada Wali Kota Muhammad Aditya Mufti Ariffin di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kalsel kemarin, polisi bekuk tersangka narkoba hingga pelaku curanmor
 
"Alhamdulillah Banjarbaru berhasil mempertahankan Piala Adipura dan juga mendapat plakat pengelolaan pasar dengan pengelolaan sampah terpadu terbaik," ujar Aditya melalui keterangan tertulis Dinas Kominfo diterima di Banjarbaru, Selasa.
 
Menurut Aditya, pihaknya bersyukur dan bangga atas pencapaian yang diraih sekaligus berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung sehingga mendapatkan penghargaan tingkat nasional itu.
 
Aditya menekankan, penghargaan yang diraih diharapkan menjadi satu penyemangat bagi jajaran Pemkot Banjarbaru terutama pegawai dan petugas kebersihan di lingkup Dinas Lingkungan Hidup.

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru minta Satpol PP tegakkan aturan dan layani masyarakat
 
"Pencapaian ini sudah maksimal dan tahun depan kami menargetkan bisa mendapat Adipura Kencana yang merupakan pencapaian tertinggi dari penghargaan Adipura yang digelar Kementerian LHK," ucapnya.
 
Sebelumnya Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan, penghargaan Adipura yang diberikan Kementerian LHK kepada daerah mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang makin baik dan berkelanjutan.
 
"Penghargaan Adipura ini sebagai penyemangat bagi daerah-daerah untuk lebih meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan diharapkan pemda lebih berinovasi terutama dalam pengelolaan sampah," ujarnya.
 
Ditambahkan, penghargaan Adipura juga diharapkan lebih meningkatkan komitmen dan kontribusi pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah sehingga terwujud lingkungan yang bersih dan sehat.
 
"Selamat kepada kepala daerah yang menerima penghargaan Adipura, dan saya harapkan bisa membangkitkan semangat dan upaya konkrit untuk mengatasi sampah agar pengelolaan sampah di Indonesia bisa menjadi yang terbaik di Asia bahkan dunia," katanya.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru tarik wisatawan melalui COE 2024

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024