Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan siap menarik minat wisatawan untuk berkunjung melalui berbagai kegiatan bertema wisata yang disiapkan di Calendar of Event (COE) 2024.
 
Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin di Banjarbaru, Ahad, mengatakan rangkaian COE 2024 dalam upaya mempromosikan Banjarbaru melalui berbagai kegiatan wisata sepanjang tahun.

Baca juga: "Ferguso" juara favorit kontes Kambing Piala Wali Kota Banjarbaru
 
"Berbagai kegiatan dalam Calender of Event selama satu tahun itu untuk menarik wisatawan berkunjung ke Banjarbaru," ujar wali kota yang meluncurkan CEO di Lapangan Dr Murdjani di Banjarbaru, Sabtu malam.
 
Peluncuran berbagai kegiatan yang digelar terjadwal sepanjang tahun itu disertai pengenalan maskot baru Kota Banjarbaru yakni "Si Unting" terinspirasi dari tanaman buah ikon Banjarbaru, Karamunting.
 
Menurut Aditya, Pemkot Banjarbaru khususnya melalui peran Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata menyiapkan 13 kegiatan sepanjang tahun yang dijadwalkan menyemarakkan COE 2024.
 
"Program unggulan yang disiapkan diantaranya pemilihan Nanang dan Galuh Banjar, peringatan hari Jadi setiap tanggal 20 April, wisata religi yakni haul Syarifah Badrun hingga Adventure Motor Trail," sebutnya.
 
Wali kota menuturkan, tema yang diusung dalam pelaksanaan COE 2024 yakni "Journey to Majestic Banjarbaru," yang menggambarkan kemegahan Banjarbaru pada setiap lini sebagai Ibu Kota Provinsi Kalsel.
 
"Konsepnya menggambarkan kemegahan pada setiap lini, mulai dari lini pembangunan Banjarbaru sebagai Ibu Kota Kalsel, dan sebagai Gerbang Ibu Kota Negara di Provinsi Kalimantan Timur," ungkapnya.

Baca juga: "Ferguso" juara favorit kontes Kambing Piala Wali Kota Banjarbaru
 
Ditekankan dia, tema yang diusung juga menyiratkan harapan optimisme menatap masa depan lebih baik dan kesemarakan makin lengkap dengan jadwal konser Liburland dimasukan dalam rangkaian COE 2024.
 
"Kami berharap, semua kegiatan dalam COE selain mendorong kunjungan wisata ke Banjarbaru juga membuat sektor ekonomi semakin tumbuh dan berkembang dengan banyaknya kegiatan," ucap Aditya.
 
Orang nomor di Banjarbaru itu mengatakan, tema yang dibuat ini diharapkan menjadi penyemangat menyempurnakan potensi wisata di Banjarbaru agar semakin menarik dan berkesan serta terpenuhinya tujuh unsur sapta pesona.
 
Kepala Disporabudpar Banjarbaru Ahmad Yani Makkie mengatakan, digelarnya berbagai kegiatan dan acara di Kota Banjarbaru menjadi magnet bagi masyarakat, baik dari dalam maupun luar daerah datang ke Kota Idaman.
 
"Berbagai acara yang digelar di Kota Banjarbaru menjadi daya tarik bagi warga luar daerah termasuk manca negara berkunjung ke sini sehingga COE tahun ini bisa semakin menarik minat wisatawan," kata dia.
 
Yani Makkie memastikan, meski pun kegiatan COE 2024 berkonsep kekinian, namun tidak akan menghilangkan beragam kesenian, budaya dan nilai agama yang telah dijunjung tinggi di Ibu Kota Kalsel itu.

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru lantik Kepala BPBD dan Kepala Dinas Perhubungan

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024