Seekor kambing yang diberi nama pemiliknya "Ferguso" berhasil menjadi juara favorit pada Kontes Kambing memperebutkan piala Wali Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin.
 
Kambing jenis Safera itu dinobatkan sebagai juara favorit pilihan wali kota yang hadir pada acara tahunan yang digelar Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru.

Baca juga: Sekda Banjarbaru tekankan penyusunan RKPD atasi masalah perkotaan
 
"Selamat kepada pemenang dan kami berharap acara tahunan ini menjadi penyemangat bagi peternak khususnya kambing untuk semakin meningkatkan kualitas ternaknya," ujar wali kota disela kegiatan di Banjarbaru, Sabtu.
 
Aditya berharap, meski pun luas kawasan peternakan di Banjarbaru relatif kecil tetapi diharapkan dapat dimanfaatkan maksimal oleh peternak untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kambing yang diternakkan.
 
"Lahan yang terbatas jangan sampai membuat peternak kecil hati, tetapi makin semangat memelihara hewan ternak sehingga meningkatkan dari sisi kuantitas dan kualitas," pesan Aditya.

Baca juga: Wali Kota Aditya minta pejabat tingkatkan inovasi dan kolaborasi
 
Pemilik kambing favorit Galih sangat senang dan berterima kasih kepada Pemkota Banjarbaru yang menggelar kontes sebagai wadah bagi peternak kambing di Pasar Abadi Jalan Abadi III, Kelurahan Guntung Manggis itu.
 
"Saya tentu sangat senang karena Ferguso menjadi juara favorit, terima kasih kepada Pemkot yang telah memberikan wadah bagi peternak untuk menampilkan kambing hasil ternak," ucap Galih.
 
Menurut Galih, dirinya merawat Ferguso dengan telaten sehingga bisa meraih juara dalam kontes kambing yang diikuti peserta dari berbagai daerah di Kalsel maupun luar Kalsel lainnya.
 
"Saya merawat Ferguso sejak kecil hingga sekarang berusia sekitar 3,5 tahun dan diberikan makan empat kali, pagi dan sore makan konsentrat serta siang dan malam makan rumput," tutur Galih.
 
Kepala DKP3 Banjarbaru Abu Yazid Bustami, kontes kambing kali kedua tingkat Kalimantan memperebutkan piala Wali Kota Banjarbaru dengan tema "Mempersiapkan Bibit Unggul dengan Kontes Kambing".
 
"Kami berharap, melalui event ini muncul bibit unggul kambing yang berkualitas baik sehingga menjadi incaran peternak maupun orang luar mencari bibit unggul bagi kambing yang mau diternakkan," katanya.

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru lantik Kepala BPBD dan Kepala Dinas Perhubungan

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024