Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Barito Kuala (BPBD Batola) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengirim bantuan logistik bagi korban angin puting beliung yang menerjang beberapa permukiman rumah warga di Kecamatan Anjir Pasar dan Mandastana pada Senin kemarin.

Kepala BPBD Batola Aris Saputera di Barito Kuala, Selasa, mengatakan data sementara ada tiga unit rumah dan satu kanopi rumah terdampak yang dihuni 21 jiwa.

Baca juga: Puting beliung menerjang permukiman di Anjir Pasar Batola

“Puting beliung menerjang beberapa rumah warga Senin sore kemarin. Setelah tim menelusuri, data sementara di lapangan yang kami dapatkan tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan BPBD Batola, Aris menyebutkan ada beberapa desa yang terdampak berada di Kecamatan Anjir Pasar dan Kecamatan Mandastana.

“Personel BPBD menyalurkan bantuan sambil mengunjungi titik-titik yang terdampak puting beliung guna melihat secara langsung kondisi rumah warga,” ucapnya.

Aris menuturkan bantuan yang diberikan kepada warga terdampak puting beliung berasal dari Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, di antaranya kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula, garam, teh, dan kebutuhan mendesak lainnya.

Baca juga: Paman Birin kirimkan bantuan bagi warga terdampak banjir di Batola

Ia menyampaikan berdasarkan kunjungan tim, tidak ada warga yang mengalami dampak parah akibat puting beliung tersebut, terlihat dapur dan atap beberapa rumah mengalami kerusakan akibat angin yang cukup kencang.

Aris menjelaskan pada saat kejadian kemarin, kondisi hujan semakin deras di beberapa wilayah dan berlangsung cukup lama sehingga tim BPBD melakukan penelusuran mulai sore hari hingga malam hari.

“Alhamdulillah, tidak ada warga yang mengalami dampak parah, untuk taksiran kerugian belum kami estimasikan,” ungkap Aris.

Baca juga: Ratusan warga terdampak puting beliung, BPBD Batola salurkan bantuan
 
Tangkapan Layar - Momen seorang warga merekam saat puting beliung mulai menerjang sekitar permukiman di Kecamatan Anjir Muara, Kabupatenn Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Senin (27/2/2024). (ANTARA/HO-Instagram Seputarbanua)

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024