Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin bergerak cepat mengirimkan bantuan logistik dan perahu karet ke Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Kepala BPBD Provinsi Kalimantan Selatan Raden Suria Fadliansyah dikonfirmasi di Banjarmasin, Selasa, mengatakan bantuan logistik dan perahu karet merupakan arahan gubernur untuk membantu masyarakat terdampak banjir.

Baca juga: Pj Bupati Tapin berikan perlengkapan SAR kepada relawan agar tangguh bencana

“Dalam setiap arahan di acara pertemuan dengan unsur SKPD, Gubernur selalu mengingatkan pentingnya kami meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman banjir dan bencana alam lain. Salah satunya tanggap dan cepat dalam memberikan bantuan,” kata Suria.

Dikatakan Suria, bantuan untuk Kabupaten Batola merupakan logistik yang masih tersedia berupa makanan saji, selimut dan mie instan.

"Sedang untuk perahu karet akan kami antarkan langsung. Tim dari tenaga kebencanaan BPBD Kalsel dan BPBD Batola juga akan meninjau langsung ke lokasi masyarakat terdampak banjir, " tutur Suria.

Kepala BPBD Kalsel didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bambang Dedi M dan Kabid Kedaruratan dan Logistik Pormadi, Kasubid Logistik Syahranie Effendi dan Manager Pusdalops Rifky menyempatkan berdialog bersama jajaran BPBD Batola.

Pelaksana Tugas Kepala  BPBD Batola Aris Saputera mengapresiasi respon cepat Pemprov Kalsel untuk membantu masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Batola

Haris menuturkan terdapat sembilan desa yang terdampak banjir cukup parah, antara lain Desa Kuripan, Jambu Baru dan Desa Asia Baru dan beberapa desa lainnya.

Berdasarkan data per Senin atau 29 Januari 2024, Haris mengungkapkan kondisi masyarakat yang terdampak banjir dapat tertangani dengan baik dan terkendali.

"Pemerintah Kabupaten Batola juga telah berupaya melakukan penanganan dan mitigasi di sejumlah daerah terdampak.banjir," ucapnya.

Baca juga: Tanah Bumbu BPBD installs EWS to detect flood at three locations

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024