Muhammad Reza (19) terpilih menjadi salah satu siswa Operator Preparation Program (OPP) atau program pemagangan yang diinisiasi PT Saptaindra Sejati (SIS) salah satu group PT Adaro Energy Indonesia.

Sejak Oktober 2023  jebolan  SMK Negri 1 Tanjung Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan ini mengikuti program pelatihan hingga sekarang di mess perusahaan bersama puluhan peserta OPP lainnya.

Baca juga: Poliban terima hibah alat pemetaan "site total station"

Pelatihan yang terbagi daam tujuh tahapan ini membekali Reza menjadi operator alat berat khusus pertambangan batu bara.

"Saya mengikuti pelatihan operator jenis Highway Dump Truck (HD) 785-7 dan saat ini sudah masuk tahap mengoperasikan unit bersama instruktur," cerita Reza asal Desa Warukin Kecamatan Tanta.

Selama mengikuti program ini Reza merasakan manfaat yang cukup besar disamping mendapat pelatihan  keterampilan sebagai operator juga membentuk perubahan mental dan perilakunya.

"Saya merasa jadi lebih baik, program OPP juga membentuk  mental dan perilaku peserta agar siap bekerja secara profesional," ungkapnya.

Meski harus jauh dari rumah Reza mulai terbiasa  mengatur waktu untuk istirahat dan bekerja dengan baik selama menjalani pelatihan.

Dalam program ini putra pasangan Razli dan Siti Fatimah ini  mengaku   menjadi pribadi yang lebih baik dari pada sebelumnya khususnya terkait kedisiplinan.

Reza menceritakan pertama kali bergabung di PT SIS sebagai Siswa OPP pada tanggal 7 Oktober 2023 untuk penandatanganan kontrak magang. 

Setelah itu  ia  berangkat untuk mengikuti program OPP pada tanggal  12 Oktober 2023 di bagian Operator Development Kilometer  64 PT Saptaindra Sejati yang masuk Hauling Desa Warukin Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong.

Sebelumnya ia mengetahui soal program OPP PT SIS melalui  media sosial dan tertarik untuk mengikuti seleksi menjadi siswa pemagangan operator alat berat.

Beberapa tahapan pun dilalui Reza dengan penuh keyakinan mulai dari  psikotes, cek fisik, wawancara hingga tes kesehatan.

Baca juga: Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Kalsel proses laporan serikat pekerja PT SIS

"Saya benar benar tidak menyangka  bisa lolos tiap tahapan dan akhirnya bisa ikut program OPP," ungkap Reza.

Alasannya bergabung di program OPP karena terobsesi menjadi operator alat berat dan bekerja di perusahaan pertambangan sejak di bangku sekolah tentunya dengan dukungan orangtua.

Apalagi gaji bekerja di tambang sebagai seorang operator terbilang cukup besar.

OPP sendiri merupakan salah satu program unggulan dari program besar PT  SIS Bina Cikal Bangsa yang didukung penuh melalui program corporate sosial responsibility (CSR).

Program OPP  merupakan bentuk, komitmen PT SIS dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, wujud kepedulian dalam rangka mendukung program pemerintah tentang peningkatan sumberdaya manusia yang terampil dan produktif serta adanya pemenuhan kebutuhan operator alat berat PT SIS.

Dengan adanya program ini dapat  menciptakan calon- calon operator  yang terampil di bidangnya sehingga dapat memenuhi standar yang diterapkan perusahaan. 
 
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024