Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Siti Wasilah menyampaikan dana hasil lelang barang produk pakaian Sasirangan pada Dekra Show disumbangkan untuk penderita kanker.
 
"Dekra Show yang sekalian melelang pakaian motif Sasirangan yang ditampilkan pada fashion show di Lobi Balai Kota Banjarmasin mengumpulkan dana sekitar Rp42 juta," katanya di Banjarmasin, Sabtu.

Baca juga: Dekranasda Banjarmasin angkat kreativitas desainer kain Sasirangan
 
Menurut dia, uang hasil lelang pakaian motif Sasirangan itu akan digunakan untuk membantu para penderita kanker di Kalimantan Selatan (Kalsel).
 
"Dekra Show digelar bertepatan dengan momentum peringatan World Cancer Day (WCD) 2024, yang dihadiri Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Pusat Prof DR dr Aru Wisaksono Sudoyo," ujar Wasilah.
 
Wasilah yang juga Ketua YKI Kota Banjarmasin tersebut menyebutkan uang hasil lelang akan diserahkan berbentuk bingkisan kepada para penderita kanker anak-anak maupun orang dewasa.

Baca juga: Ketua Dekranasda Balangan bangun jaringan antar UMKM di Kalsel
"Kita akan melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Ulin Banjarmasin untuk membagikan bingkisan kepada para penderita kanker, yang sedang dirawat di ruang kanker anak maupun dewasa," ujar dia.
 
Ia mengatakan kegiatan ini tidak hanya sebagai kegiatan sosial, namun juga untuk memajukan kerajinan kain Sasirangan hingga ke tingkat nasional.
 
Peringatan Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) 2024 di Kota Banjarmasin akan diisi dengan sejumlah kegiatan seperti seminar nasional, pemeriksaan IVA Test yang dilaksanakan di Sekretariat YKI dan di sekitar Rumah Sasirangan Kreatif (RSK) Banjarmasin, kunjungan dan bakti sosial, serta fun walk yang dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: Ketua Dekranasda Balangan sebut pameran BSF sebagai ajang silaturahmi

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024