Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengangkat kreativitas desainer kain batik Sasirangan kota setempat pada berbagai kegiatan.
 
Sebagaimana pada kegiatan nasional di Kota Banjarmasin saat ini, yakni Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2023 yang berlangsung dari 17-21 Oktober 2023.

Baca juga: Kiprah pemuda pelopor Banjarmasin Sandi Agustinus di nasional
 
Menurut Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Siti Wasilah di Banjarmasin, Kamis, salah satu upaya mengangkat karya desainer busana kain Sasirangan melalui Dekrashow 2023.
 
Dekrashow menampilkan berbagai busana kain Sasirangan dari beberapa kurasi desainer lokal yang dipakai para pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemkot Banjarmasin untuk peragaan busana di pelataran Balai Kota Banjarmasin pada Rabu kemarin.
 
Menurut Wasilah, Dekrashow ketiga pada 2023 tersebut dilaksanakan masih dalam rangkaian ICCF dengan turut memeriahkan seluruh rangkaian kegiatannya.
 
"Kita tahu bahwa dari tahun 2017 Dekranasda tentu bersama pemerintah kota sudah ikut dalam program pemeringkatan kota kreatif," ujarnya.

Baca juga: BI Kalsel ajak generasi cintai Sasirangan melalui karya literasi
 
Sehingga lanjut Wasilah, Dekranasda bersama Pemkot Banjarmasin terus berupaya mengangkat Sasirangan untuk jadi salah satu ekonomi kreatif di Kota Banjarmasin dengan segala perkembangannya.
 
Adapun tujuan dari kegiatan tersebut, Wasilah membeberkan untuk memberikan ruang bagi para perajin kain Sasirangan dengan berbagai kreasi dan desain oleh para desainer muda untuk selanjutnya dilakukan kurasi. 
 
"Kita menjalani kurasi sudah dari beberapa bulan yang lalu. Jadi kegiatan itu dimulai dengan kurasi yang sumbernya dari para pelaku desain," ujarnya.
 
Apalagi, ungkap dia, tiga desainer Kota Banjarmasin baru saja partisipasi sebagai desainer yang mendukung penampilan Dekranasda Kota Banjarmasin pada Pagelaran Indonesia Nyata di Kota Milan, Italia.

Baca juga: Kalsel kemarin, Jelujur massal kain Sasirangan di Banjarmasin pecahkan rekor dunia

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023