Khatib Ustadz M Helmi Kaspul Anwar dalam khutbahnya di Masjid Pelajar Mulawarman Banjarmasin mengajak kaum Muslim mengagungkan yang Allah agungkan.

 

"Di antara yang Allah agungkan malam nisfu Sya'ban," ujar M Helmi atau ustadz muda tersebut dalam khutbahnya sebelum Shalat Jumat.

 

Ia mengatakan, cara-cara mengagungkan malam nisfu Sya'ban antara lain dengan memperbanyak amal ibadah dan doa untuk kemasalahan hidup dan kehidupan, baik di dunia maupun alam akhirat.

 

Pasalnya sebagaimana Hadits Rasulullah Muhammad Saw, pada malam nisfu Sya'ban Allah mengabulkan semua pinta/doa umat Nya, kecuali dukun dan orang yang datang ke dukun.

 

Selain itu, memutuskan silaturahmi atau orang yang bertengkar tanpa bermaaf-maafan atau dengan rasa dendam, serta pemabuk dan durhaka kepada kedua orang tua

 

Karenanya khatib Ustadz Helmi menganjurkan agar segera bermaaf-maafan bagi yang ada sengketa dan menghilangkan rasa dendam, serta meninggalkan hal-hal yang Allah larang dengan cara bertaubat.

 

"Kemudian daripada itu, pada hari ke-15 Sya'ban melakukan puasa," ajak khatib dalam khutbah pertama yang berdorasi sekitar lima menit tersebut kepada jamaah shalat Jumat Masjid Pelajar Mulawarman Banjarmasin.

Khatib Ustadz M Helmi Kaspul Anwar saat khutbah di Masjid Pelajar Mulawarman Banjarmasin, sebelum Shalat Jumat (23/2/24). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)
 

Sebelumnya khatib mengingatkan jamaah agar memelihara serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah sebenar-benar taqwa sebagaimana Firman Allah dalam Al Qur'an.

 

Mengakhiri khutbahn khatib membaca Surah Al Asy'ari yang artinya "Demi masa. Sesungguhnya manusia dalam kerugian, kecuali orang-orang beriman, beramal shaleh serta yang menyampaikan kebenaran dan kesabaran".

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024