Bupati Banjar Provinsi Kalimantan Selatan Saidi Mansyur mengajak masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan menjadi kebun keluarga sehingga bisa memenuhi kebutuhan beragam sayuran di lingkup keluarga.
 
"Manfaatkan pekarangan jadi kebun keluarga yang ditanami berbagai jenis sayuran dan buah-buahan," ujar Saidi di sela panen buah dan sayur bersama PKK Banjar di kebun PKK Sekumpul Ujung Martapura, Senin.

Baca juga: Bupati Saidi dorong penyuluh pertanian kuasai teknologi
 
Menurut Saidi, panen beragam sayuran dan buah-buahan bukan sekadar seremonial belaka, tetapi menjadi tonggak awal mewujudkan visi Kabupaten Banjar yang mandiri pada sektor pertanian.
 
Dijelaskan Saidi, kebun PKK merupakan lahan pekarangan dan pertanian, serta simbol kesungguhan menghadapi tantangan pangan, memperkokoh kemandirian pertanian.
 
"Potensi tanah subur yang dimiliki Kabupaten Banjar seperti kebun di pekarangan harus diberdayakan dan dikembangkan agar menghasilkan panen tanaman pangan berkualitas dan menjanjikan," ucapnya.

Baca juga: Mentan salurkan bantuan sembako Presiden dan sarana pertanian untuk korban banjir Kalsel
 
Saidi menuturkan seluruh pihak harus memperhatikan kedaulatan pangan sehingga mampu untuk memenuhi ketergantungan hasil pertanian dari luar daerah dan mengoptimalkan potensi pertanian, serta kemandirian perkebunan lokal.
 
Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas mengharapkan panen buah dan sayuran untuk memberikan contoh kepada kader di kecamatan maupun desa agar dapat memanfaatkan lahan pekarangan.
 
"Lahan yang kosong di lingkungan sekitarnya hendaknya dimanfaatkan sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang bergolong ekonomis untuk ketahanan pangan keluarga.
 
"Intinya, memanfaatkan pekarangan untuk menanami sayur sayuran, buah buahan, buah bunga dan lain sebagai ASN dapat menambah penghasilan terutama bagi ibu rumah tangga," katanya.

Baca juga: Kementan siapkan tiga agenda pemulihan pertanian Kalsel pascabanjir

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024