PT PLN (Persero) kembali ikut serta menyukseskan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 sebagai komitmen mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.
 
PLN dalam perhelatan IIMS 2024 yang akan digelar 15-25 Februari 2024 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, menyosialisasikan beragam program hingga dukungan untuk ekosistem kendaraan listrik. 
 
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melalui keterangan tertulis diterima di Kota Banjarbaru, Senin mengatakan keikutsertaan PLN ketiga kalinya sebagai tindak lanjut berbagai program pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang telah dilakukan perseroan. 

Baca juga: PLN UID Kalselteng gelar forum K3 mitra kerja wujudkan Core Value Akhlak BUMN
 
"PLN terus berkomitmen mendukung ekosistem kendaraan listrik terintegrasi di Indonesia sejalan penugasan Presiden Jokowi yang tertuang dalam Perpres 55 Tahun 2019 guna mendukung percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan," ungkapnya.
 
Selain itu, penugasan dari Peraturan Menteri (Permen) ESDM nomor 1 tahun 2023 terkait Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik Untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. 
 
Dijelaskan, PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara berkomitmen mendukung pemerintah dalam mempercepat ekosistem kendaraan listrik terintegrasi di Indonesia yang sejalan dengan langkah pemerintah dalam mencapai Net Zero Emissions (NZE) tahun 2060 atau lebih cepat.
 
Darmawan menuturkan, dukungan PLN terhadap pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia di antaranya menyediakan pasokan daya yang cukup, penyediaan SPKLU, SPLU, dan SPBKLU, yang terintegrasi pada Aplikasi PLN Mobile guna mendukung kemudahan dalam bertransaksi. 

Baca juga: Komitmen transformasi AKHLAK BUMN, PLN perkuat sinergitas mitra
 
"Mendukung ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi kami berhasil menyuplai 1.117 unit SPKLU dan 1.839 unit SPBKLU bagi kendaraan listrik di Indonesia yang sebagian besar dimiliki PLN dan sisanya dioperasikan swasta dari listrik PLN," ungkap Darmawan.
 
Vice President Pengelolaan Pemasaran PLN Daniel Lestanto menambahkan, keikutsertaan PLN di ajang IIMS 2024 menawarkan berbagai macam promo menarik yang salah satunya diskon atau potongan harga untuk pengisian daya kendaraan listrik bagi konsumen. 
 
"Tujuannya memudahkan pemilik kendaraan listrik dan dibuatkan layanan plus tahun ini. Jika kesulitan charger di wilayahnya, masyarakat yang sudah membeli mobil bisa memanfaatkan fasilitas produk Power Up EVent untuk menambah dayanya dengan harga spesial," ucap Daniel. 
 
Daniel menjelaskan, PLN memberi harga spesial untuk peningkatan daya sampai dengan daya 5.500 VA yang harga normalnya sekitar Rp4,2 juta menjadi Rp150 ribu. Selain itu, dengan daya hingga 11.000 VA harga normalnya mencapai Rp11 juta menjadi hanya Rp702 ribu.

Baca juga: PLN sukses turunkan tingkat risiko ESG
 
Area test drive kendaraan listrik maupun kendaraan konversi dari berbasis BBM menjadi listrik akan kembali tersedia dalam gelaran IIMS yang digelar 15-25 Februari 2024 di JI Expo Kemayoran, Jakarta. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

"Pertumbuhan kendaraan listrik diproyeksikan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Untuk itu kami tegaskan PLN sebagai katalisator siap untuk mendukung percepatan penggunaan kendaraan listrik di tanah air," kata Daniel. 
 
Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo Daswar Marpaung menyampaikan, gelaran IIMS terus mengalami perkembangan setiap tahunnya seiring perkembangan industri otomotif, terbukti semakin banyaknya tipe dan jenis kendaraan disamping menjadi ajang sangat dinantikan bagi peserta otomotif dan pencinta di kalangan komunitas.
 
"Semaraknya kegiatan otomotif IIMS 2024 meningkat dengan masuknya 54 brand kendaraan jenis roda dua dan roda empat dan diikuti oleh 187 booth yang menduduki area seluas 133.547 meter persegi, dengan jumlah target pengunjung sebanyak 470 ribu selama 11 hari dan target transaksi lebih dari Rp5,3 triliun yang akan dicapai," kata Daswar. 

Baca juga: PLN dan Polda Kalsel perkuat sinergi sukseskan pemilu serentak
 
Dikatakan Daswar, gelaran IIMS 2024 menghadirkan susunan acara yang meriah dan fasilitas yang lengkap mulai dari opening ceremony yang dilanjutkan press conference dari tiap brand, fasilitas area rekreasi untuk anak.
 
Kemudian, area test ride dan test drive bagi motor roda dua dan roda empat, area foodcourt, restroom area, area ibadah, hingga penampilan rangkaian acara Infinite Live and Infinite Show dengan venue dibuka pada pukul 11.00 WIB sampai 21.00 WIB pada weekdays (Senin-Kamis) dan pukul 10.00 WIB-21.00 WIB di akhir pekan (Jumat-Minggu).
 
"Melalui full line-up menarik, IIMS Infinite Live 2024 akan menampilkan banyak guest star musisi papan atas seperti Kahitna, Ari Lasso, Andre Taulany and Friends, Endah N Rhesa, Saykoji, Maliq and D’Essentials, Mahalini, Tulus, dan Dewa 19 feat. Marcello Tahitoe yang dipastikan membuat nyaman dan lebih meriah," katanya.
 
Diketahui, IIMS 2024 terbuka bagi siapapun dengan tiket tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya dimana harga tiket masuk pada hari pertama sebesar Rp150 ribu, Senin sampai Kamis (weekdays) sebesar Rp 50.000, sedangkan pada hari Jumat hingga Minggu (weekend) sebesar Rp 85.000.
 
Sementara, bagi pengunjung yang ingin merasakan serunya acara Infinite Live, tiket kombinasi yang mencakup Infinite Live sebesar Rp 75.000 pada weekdays (berlaku pada 20 dan 22 Februari) dan Rp 185.000 pada weekend.

Baca juga: PLN Kalselteng lakukan PJBTL jual beli 24,5 MVA ke perusahaan tambang

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024