Manajemen PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah bersama jajaran Kepolisian Daerah Kalsel memperkuat sinergi dalam upaya menyukseskan pemilu serentak yang tinggal beberapa hari lagi.
 
Sinergitas tersebut diwujudkan General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin bersama jajaran melalui kunjungan ke markas Polda Kalsel dan diterima Kapolda Irjen Pol Winarto di Banjarmasin, Selasa (30/1/2024).
 
"Saat pertemuan sekaligus audiensi dengan Kapolda kami sampaikan kesiapan distribusi kelistrikan di lokasi-lokasi pemungutan suara yang tersebar di wilayah Kalsel," ujar Joharifin melalui keterangan tertulis Humas PT PLN UID Kalselteng yang diterima, Kamis (1/2/2024).
 
Menurut Joharifin, pihaknya juga melaporkan kesiapan dan langkah PLN Kalselteng untuk memastikan pasokan listrik yang andal baik saat proses pemungutan suara hingga proses perhitungan selesai.
 
"PLN Kalselteng telah melakukan beberapa kegiatan pemeliharaan secara preventif dan periodik pada titik rawan gangguan dengan tujuan menanggulangi terjadinya padam seperti akibat ranting pohon ataupun penyebab lainnya," ucap Joharifin. 
 
General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin berdiskusi dengan Kepala Kepolisan Daerah Kalsel Irjen Pol Winarto saat audiensi dan kolaborasi di Mapolda Kalsel di Banjarmasin, Selasa (30/1/2024). (ANTARA/HO-Humas PLN UID Kalselteng)

Ditekankan, PLN berkomitmen siap siaga menjaga kondisi kelistrikan yang andal, terutama kesiapan seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat terjaga dengan aman pasokan listriknya.
 
"PLN juga menyiapkan peralatan backup sebagai antisipasi jika terjadi padam listrik akibat gangguan di kantor KPU, TPS maupun di tempat penting lainnya. Kami berharap pemilu tanggal 14 Februari 2024 berjalan tertib dan lancar," kata dia.
 
Dikatakan, pasokan daya listrik yang dimiliki PLN di sistem interkoneksi kelistrikan Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara adalah 1.966 Mega Watt (MW) dengan cadangan sebesar 348 MW sehingga tidak perlu khawatir kekurangan daya saat pemungutan suara hingga setelahnya.
 
Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto sepakat dengan pentingnya kesiapan pasokan listrik yang andal, selain dari sisi pengamanan kepolisian, pengamanan kelistrikan untuk kelancaran pemilu juga menjadi hal yang sangat vital.
 
"Kami apresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh PLN demi menyukseskan terselenggaranya pemilu 2024. Kita semua berharap pesta demokrasi berjalan lancar, damai dan penuh kemeriahan," kata Winarto.
 
Kunjungan silaturahmi rombongan manajemen PLN juga diikuti General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Kalimantan (UIP3B Kal) Abdul Salam Nganro, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UID Kalselteng Sigit Fanani, Senior Manager KKU PLN UIP3B Kal Rahayu Arimbi, dan Manager PLN UP3 Banjarmasin Vicky Reandry Faradian.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024