Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin mengimbau masyarakat agar bersikap jujur dan santun saat menyalurkan hak suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 .
 
"Tunjukkan masyarakat Banjarbaru sebagai pemilih yang jujur dan juga santun di setiap tempat pemungutan suara," ujar Aditya saat apel pasukan pengamanan Pemilu di Banjarbaru, Ahad.

Baca juga: Ketua DPRD Banjarbaru serukan jaga situasi pada masa tenang Pemilu
 
Menurut Aditya, masyarakat juga harus berperan aktif mewujudkan pemilu yang jujur dan adil sehingga dapat terpilih pemimpin dan wakil rakyat yang terbaik bagi daerah.
 
Aditya mengharapkan Bawaslu pun melakukan pengawasan maksimal di tingkat kota, kecamatan dan kelurahan sehingga bisa mencegah segala bentuk kecurangan yang bisa merusak proses demokrasi.
 
"Kami berharap masyarakat mampu berperan aktif mengawasi pemilu disamping Bawaslu menjalankan tugas dan tanggung jawab secara maksimal agar terwujud pemilu yang jujur dan adil," pesannya.
 
Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru Nor Ikhsan mengatakan apel siaga sebagai komitmen menjalankan fungsi dan tanggung jawab sebagai lembaga pengawas pemilihan umum berharap jujur dan adil.
 
"Kami berupaya menjalankan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya dengan menyiagakan petugas yang menjalankan pengawasan baik di TPS maupun proses perhitungan hingga semua selesai," ujarnya.
 
Dikatakan Ikhsan, jumlah pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diturunkan sebanyak 898 orang dan bertugas pada 898 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kota Banjarbaru.

Baca juga: Kampanye di Banjarbaru, Prabowo nyatakan budaya adat harus dilindungi
 
"Petugas pengawas TPS siaga dan siap menjalankan tugasnya untuk memastikan pemungutan suara di TPS berlangsung aman dan lancar berkoordinasi dengan personel TNI-Polri," ungkapnya.
 
Ditambahkan, selain menjalankan fungsi pengawasan, pihaknya juga menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) terutama di masa tenang baik berupa spanduk, hingga baliho yang terpasang di berbagai tempat.
 
"Kami berharap, masa tenang jelang pemungutan suara ini berlangsung dalam suasana aman dan kondusif sehingga ketenangan dan suasana teduh di lingkungan masyarakat bisa terus terpelihara," katanya.
 
Apel siaga masa tenang pemilu, pemungutan dan perhitungan suara pemilu 2024 yang digelar Bawaslu Banjarbaru dihadiri Dandim 1006/Banjar, Wakapolres Kompol Winda Adhiningrum dan undangan lainnya.


Baca juga: ASN Pemkot Banjarbaru berikrar netral pada Pemilu 2024

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024