Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat Provinsi Jambi belajar penanganan bencana kepada Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan terutama terkait pelayanan korban bencana.
 
Rombongan Pemkab Tanjab Barat dipimpin bupati Anwar Sadat dan diterima Bupati Banjar Saidi Mansyur yang didampingi Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsy di Mahligai Sultan Adam Martapura, Senin.
 
"Tujuan kunjungan kerja kami ke Pemkab Banjar adalah studi tiru penanganan bencana terutama bencana kebakaran yang sering terjadi di Tanjab Barat," ujar bupati Anwar Sadat.
 
Menurut Anwar, pihaknya ingin mengetahui dan menggali informasi sejauh mana penanganan yang dilakukan Pemkab Banjar pasca bencana kebakaran sehingga bisa ditiru oleh Pemkab Tanjab Barat
 
Anwar menuturkan, Pemkab Tanjab Barat tengah menggodok Peraturan Bupati (Perbup) terkait pemberian bantuan terhadap rumah yang terdampak kebakaran baik besar, sedang maupun ringan.
 
"Perbup itu juga meliputi kebakaran hutan dan lahan karena di wilayah kami banyak terdapat lahan gambut. Kami juga mendapat masukan atas penangganan pasca bencana berupa rehab rumah," ungkap Anwar.
 
Bupati Banjar Saidi Mansyur senang atas kunjungan kerja Bupati Tanjab Barat karena bisa berbagi tips dan pengalaman pelayanan penanganan korban bencana khususnya bencana kebakaran rumah, hutan dan lahan.
 
"Kami senang bisa berbagi ilmu dan pengalaman juga sangat berharap kunjungan memberikan manfaat dan inspirasi meningkatkan pelayanan terhadap penanganan korban pasca bencana," kata Bupati Saidi.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024