Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel), Hermansyah menyampaikan HSS menjadi bagian kawasan Geopark Meratus, maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel mengusulkan kepada pemerintah pusat agar dibangun bandara perintis.

"Kabupaten kita menjadi bagian dari kawasan Geopark Meratus, sehingga akan dibuat perencanaan pembangunan bandara perintis sebagai prasarana pendukung kawasan," kata Hermansyah di Musrenbang RKPD Kecamatan Padang Batung, mengutip pers release Diskominfo HSS, Kamis.

Baca juga: Raker dan workshop FPTKI Kalsel bahas strategi dan inovasi pengawasan PAUD

Dijelaskan Hermansyah, pengusulan akan dilakukan pihak Pemprov Kalsel di Tahun 2025 kepada pemerintah pusat, terkait rencana pembangunan bandara perintis tersebut.

Keberdayaan wilayah HSS yang menjadi bagian dari kawasan strategis nasional Geopark Meratus, tentunya diperlukan adanya bandara perintis.

“Untuk tempatnya di mana, nanti kita lihat. Mudahan-mudahan nantinya dengan adanya bandara perintis ini nantinya dapat  menjadikan wilayah kita semakin maju,” ujarnya.

Menurut dia, terkait rencana pembangunan bandara tersebut kini terus dibahas Pemprov Kalsel, dan pihaknya juga telah diminta pemprov untuk menyiapkan lahan.

Baca juga: Kasus stunting di HSS hingga akhir Desember 2023 menurun

Ketua DPRD Kabupaten HSS Haji Akhmad Fahmi, mengatakan sangat senang dan menyambut baik dengan adanya rencana pembangunan bandara perintis tersebut.

“Ini akan membuka banyak orang datang berkunjung ke HSS, maka akan berdampak positif dalam memajukan perekonomian daerah, serta kesejahteraan masyarakat setempat," jelasnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024